Sail Morotai 2012 Diharapkan Dongkrak Wisata Sejarah PD II

pelabuhan-daruba-morotaiMOROTAI, Maluku Utara, menjadi tempat dilaksanakannya puncak kegiatan Sail Indonesia 2012. Event bahari ini sekaligus diharapkan mampu mendongkrak pariwisata Morotai.

Sail Morotai 2012 diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo pada 14 Maret 2012 di Jakarta. Acara yang dilaksanakan Juli hingga September 2012 ini akan mengambil rute awal yang tidak hanya berasal dari Darwin (Australia), tetapi dibuka juga dua rute lainnya, yaitu Davao (Filipina) dan Kinabalu (Malaysia).

Kegiatan Sail Morotai 2012 diperkirakan akan diikuti oleh 120 kapal layar dan akan menarik pengunjung sebanyak 5.000 orang. Perahu layar akan tiba di Pelabuhan Daruba, Morotai, selanjutnya Sail Morotai akan diisi beragam kegiatan, di antaranya lomba kapal layar, seminar, olahraga bahari, festival budaya, kegiatan bakti sosial, dan pameran berbagai produk hasil usaha kecil dan menengah.

“Menuju Era Baru Ekonomi Regional Pasifik” adalah tema yang diusung Sail Morotai 2012. Kegiatan ini bertujuan menempatkan Morotai ke dalam peta destinasi pariwisata dunia dengan lokasi wisata sejarah. Beberapa spot di Morotai memang merupakan saksi Perang Dunia (PD) II, karenanya acara ini nantinya akan turut mengundang veteran perang. Akan ada juga peresmian Museum PD II Morotai oleh Presiden SBY pada puncak Sail Morotai 2012, 15 September 2012 mendatang. Dengan begitu, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan efek yang lebih luas, yaitu menambah perekonomian penduduk sekitar dari segi pariwisata.

“Pulau Morotai yang disebut sebagai ‘Mutiara di bibir Pasifik’ akan memanfaatkan event Sail Morotai 2012 sebagai momentum dalam mengaktualisasi semangat gerbang Pasifik. Oleh karena itu, Sail Morotai 2012 kali ini mengangkat tema ‘Menuju Era Baru Regional Pasifik’,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo, pada pembukaan Sail Morotai 2012.

Burung bidadari dipilih menjadi maskot Sail Morotai 2012 sedangkan logo yang digunakan menggunakan perpaduan warna merah, putih, kuning, jingga, dan biru. Menempatkan bendera merah putih sebagai bendera Indonesia di bagian atas, gambar matahari di bagian tengah yang melambangkan semangat dan harapan, gambar ikan yang memberikan siluet perahu menunjukkan bahwa Morotai merupakan pusat tuna. Sementara, gambar gelombang berwarna biru muda melambangkan Indonesia sebagai negara maritim.

Puncak acara Sail Morotai 2012 akan dilaksanakan pada 14 September 2012 di Pelabuhan Daruba, yang rencananya akan dihadiri Presiden RI. Terdapat beberapa rute yang ditempuh perahu layar untuk menuju Morotai. Rute utara 1, meliputi Kinabalu-Tarakan-Bitung-Ternate-Morotai. Rute utara 2, yaitu Davao-Morotai. Rute barat yaitu Darwin-Kupang-Alor-Lembata-Ende-Riung-Labuan Bajo-Lombok-Bali-Kumai-Karimun Jawa-Belitung-Batam. Sementara, rute timur, yaitu Darwin-Saumlaki-Banda-Buru-Ternate-Wakatobi-Takabonerate-Lombok-Bali-Kumai-Karimun Jawa-Belitung-Batam. (*)

Sumber;okezone.com

About the Author

has written 1896 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.