Yuk, Nutrisi Kulit Agar Sehat dan Bercahaya

Yuk, Nutrisi Kulit Agar Sehat dan Bercahaya

korantangerang.com – Memiliki kulit yang sehat dan bercahaya ditentukan oleh apa yang Anda makan sehari-hari. Asupan nutrisi yang baik sangat berpengaruh terhadap kecepatan proses regenerasi sel kulit. Jadi, apa sajakah asupan nutrisi dan makanan yang baik untuk kulit Anda? Lihat dibawah ini ya!

  1. Buah dan Sayuran Secukupnya: Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung betakarotin tinggi seperti labu, wortel, ubi, pepaya dan bayam. Bayam diklaim memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang dibutuhkan, tidak hanya melindungi kulit, bayam juga mampu membuat kulit tetap cerah dan memperbaiki sel kulit mati.
  2. Vitamin C: Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C, kulit akan lebih cerah merona dan menghilangkan garis hitam secara sempurna. Sebagai tambahan, Vitamin C bagus untuk daya tahan tubuh terhadap sakit penyakit. Sumber terbaik dari makanan yang mengandung vitamin C adalah blackcurrant, blueberry, brokoli, jambu, kiwi, jeruk, pepaya, strawberry, dan ubi ugu.
  3. Vitamin E: Kandungan vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat oksidasi dan juga membantu mengganti sel kulit mati yang rusak. Makanan yang mengandung kadar vitamin E tinggi, meliputi kacang almond, alpukat, hazelnut, kacang pinus, biji bunga matahari, dan minyak jagung.
  4. Selenium: Menurut studi, Selenium dapat melindungi kulit dari kanker, luka bakar dari sinar ultraviolet, dan bintik-bintik hitam akibat penuaan. Makanan yang mengandung kadar selenium tinggi, meliputi ikan, kerang, telur, gandum, tomat dan brokoli. Kacang Brasil juga dipercaya sebagai makanan mengandung selenium tinggi. Cukup 4 butir kacang sehari, kamu telah memenuhi kebutuhan kulit akan selenium per harinya.
  5. Omega-3: Pastikan tubuhmu juga memiliki kandungan lemak baik Omega-3 dan Omega-6. Keduanya adalah kandungan lemak baik yang tidal bisa diproduksi oleh tubuh secara alami. Omega-3 berfungsi sebagai perlindungan akan kulit memerah serta gatal, juga melindungi dari penyakit kulit, seperti eczema dan psorasis.
  6. Kurangi Makanan Berkarbohidrat Tinggi: Mulailah mengganti makanan dengan makanan rendah karbohidrat, seperti kacang-kacangan dan bubur. Makanan ini sangat berperan pada kelancaran peredaran darah yang sangat baik untuk regenerasi sel kulit. Hindari cemilan, seperti biskuit dan minuman yang mengandung pemanis tinggi karena kadar insulin di dalamnya mampu merusak kolagen dan mempercepat keriput.
  7. Zinc: Zinc sangat berpengaruh dalam pembentukan kulit bagian luar yang mampu mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga mampu menjaga kulit tetap bercahaya dan merona. Makanan yang mengandung kadar zinc tinggi, meliputi ikan, daging merah tertentu, ayam, kacang-kacangan dan kerang.
  8. Air Mineral: Kulit yang kekurangan kadar air sedikit saja mampu membuat kulit terlihat lebih kering, lelah dan menghitam. Minumlah air mineral kurang lebih sebanyak 6-8 gelas perhari untuk mencukupi kandungan air yang dibutuhkan oleh kulit.
  9. Jangan Takut pada Kandungan Lemak: Terhadap kandungan lemak baik yang diperlukan oleh tubuh dan kulit. Kandungan lemak ini sangat berpengaruh untuk kelembapan kulit hingga membuatnya lembut. Kandungan lemak baik dapat ditemukan pada makanan, seperti alpukat, ikan, dan beberapa kacang-kacangan yang juga dilengkapi oleh zat vitamin E, yang bermanfaat sebagai pelindung dari radikal bebas. @Dewi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.