Ajarkan Kebiasaan Positif Ini pada Anak Dijamin Makin Disiplin

Ajarkan Kebiasaan Positif Ini pada Anak Dijamin Makin Disiplin
mother and kid preparing healthy food and having fun

KORANTANGERANG.com – Menanamkan kebiasan baik perlu diajarkan kepada anak sedini mungkin. Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua, namun cara yang paling tepat adalah dengan memberi contoh langsung.

Vera Itabiliana selaku Psikolog Klinis Anak juga menyatakan hal yang sama tentang cara menanamkan kebiasaan bagi anak. Ia menambahkan, peran ibu sangat penting karena merupakan sosok yang sangat dekat dengan anak secara fisik dan emosional dalam keseharian.

“Anak yang didampingi orangtua dalam melakukan berbagai kebiasaan baik itu influence-nya lebih signifikan. Karena, anak mengikuti segala yang dilakukan orangtuanya,” kata Vera.

Namun, lewat contoh saja tidak cukup untuk mendorong anak. Ibu harus peka melakukan perannya. Misalnya, dalam menanamkan kebiasaan rajin menyikat gigi. Ingatkan anak (sudah sikat gigi belum), memfasilitasi (menyediakan sikap dan pasta gigi yang berkarakter lucu atau rasa buah-buahan), dan memotivasi (meyakinkan anak mereka bisa melakukannya).

“Dampingi anak sampai usia enam tahun. Biasanya, sekitar usia tersebut motorik anak sudah terlatih dan berfungsi dengan baik. Anak sudah dipercaya melakukan kebiasaan baik yang telah ditanamkan,” tutup psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.