Warga Bikin Tiang Lampu Dari Bambu


Tegal- Banyaknya bambu keras yang ada di sekitar jalan usaha tani Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal mengorek kreatifitas Satgas Pra TMMD Tegal. Ditangan kreatifitas anggotaTNI, pohon bambu itu dijaaddikan tiang lampu.

Agar usai, warga ikut gotong royong membuat tiang lampu penerangan jalan di poro jalan desa setempat.

Giat sengkuyng ini, dilakukan agar penerangan jalan ketika malam hari terang. Sehingga jalan setapak yang biasanya gelap dan sulit dilalu bisa mudah. Awalnya, jalan hanya hanya dipergunakan untuk mobilisasi waga menujuke area persawahan. Jalan tikus itu saban hari menjadi jalur utama petani ketika bekerja. Selain itu juga dipergunakan untuk jalur hewan ternak, seperti sapi usai digembala ke ladang.

Kini, jalur tikus ituakan disulap menjdi jalan usaha tani dan diperlebar. Agar, mobilitas petani ketika panen bisa lebih lancar. Pembatan tiang lampu cukup sederhana. Hanya sebatang pohon bambu di potong dan ujungnya dibuat panel untuk menaruh lampu yang tersalurilistrik.

Jalan itu kini terlihat terang dan mudah dilalui, meski penerangan jalan hanya memakai bolham ukuran lampu seadanya. Namun warga cukup senang, akrena lintasan jalannya bisadilalui meski malam hari.

“penerangan jalan memang sudah direncanakan lama, namun karena jalan itu hanya dipergunakan ketika siang saja awaknya. Kini akan dipergunakan untuk jalan usaha tani,ya diberi lampuagar kalau malam bisa terang,” ungkap Kepala Desa Jatimulya, Ahmad Zaeni, Minggu (30/6). (*).


Next Post

Ketika Malam Jalan Tikus Ini Seram

Ming Jun 30 , 2019
Tegal- Belum adanya penerangan jalan yang ada di Dusun Gemahsari, Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegalmembuat prihatin. Sebab, jalan setapak […]