Setelah Diresmikan Kasad, Danrem 081/DSJ Serahkan Simbolis Kunci Rumah Milik Jumiyem


Pacitan – Melalui program Babinsa Masuk Dapur, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menggelontorkan bantuannya untuk memperbaiki rumah-rumah warga yang kondisinya tidak layak huni.

Kasad mengungkapkan, kepeduliannya untuk membantu menyediakan rumah layak huni bagi warga kurang mampu merupakan implementasi dari perintah Presiden Joko Widodo.

“Program ini tentunya sesuai dengan perintah Presiden Republik Indonesia kepada saya. Di mana saya diperintah untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Jenderal Dudung pada acara peresmian dan penyerahan kunci bedah rumah tidak layak huni (RTLH) bantuan Kasad, Selasa (13/12/2022) secara virtual.

Lebih dari itu, dirinya mengungkapkan, sebagai bentuk implementasi dari perintah Presiden tersebut, TNI AD juga telah melakukan berbagai kegiatan lainnya. Mulai dari upaya peningkatan ketahanan pangan, TNI Manunggal Air, penurunan angka stunting, hingga penguatan UMKM.

Terkait Program Babinsa Masuk Dapur, Kasad menegaskan, jika program tersebut bertujuan agar setiap Babinsa dapat mengetahui kesulitan-kesulitan rakyat.

“Sesuai dengan perintah harian saya, bahwa TNI Angkatan Darat, khususnya Babinsa harus senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi setiap kesulitan. Mereka harus tahu kondisi hari ini warganya yang tidak makan, termasuk warganya yang kalau hujan rumahnya masih kebocoran,” jelasnya.

Secara keseluruhan, total ada 60 lebih sasaran bedah rumah dari program Babinsa Masuk Dapur tersebut. Kasad berharap, apa yang dilakukannya itu dapat memberikan manfaat dan kebaikan. “Semoga ini menjadi berkah bagi kita semua,” ujarnya.

Kepada seluruh jajaran TNI AD, dirinya pun berpesan, supaya lebih peduli lagi kepada rakyat. Karena dirinya menilai, TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Apapun kepentingan dan tugas-tugasnya adalah untuk rakyat, sehingga jangan sampai ada rakyat yang masih kesulitan.

Selesai mengikuti acara persemian tersebut, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki tampak menyerahkan secara simbolis kunci rumah milik Jumiyem yang telah selesai direnovasi. Jumiyem, warga dusun Sinoman, desa Jatimalang, kecamatan Arjosari, kabupaten Pacitan merupakan salah satu penerima bedah rumah dari program Babinsa Masuk Dapur.

Kepada Jumiyem, Danrem memberikan ucapan selamatnya atas selesainya proses renovasi rumah milik Jumiyem. “Selamat ibu Jumiyem, serta warga desa Jatimalang. Alhamdulillah, kita semuanya, baik itu TNI-Polri dan pemerintah daerah sudah memperhatikan dan peduli. Sekarang rumah sudah direhab, awalnya tidak layak huni menjadi layak huni dan bisa ditempati, serta bisa hidup sehat,” katanya.

Selain menyerahkan kunci rumah Jumiyem secara simbolis, Danrem bersama Forkopimda Pacitan juga terlihat memberikan Bansosnya kepada masyarakat kurang mampu di desa Jatimalang.(*)


Next Post

Aplikasi Bios-44 Pada Lahan Pertanian Binaan Koramil 0602-05/Cipocok Jaya

Sel Des 13 , 2022
– Aplikasi Bios-44 yang digalakkan oleh Kodam III/Siliwangi, saat telah berjalan di wilayah Kodim 0602/Serang melalui Koramil jajaran. Seperti yang […]