Manfaat Tanaman Lidah Mertua, Menyerap Racun Hingga Obat Kulit


Korantangerang – Lidah mertua adalah salah satu tanaman populer yang dijadikan sebagai penghias rumah, baik di luar maupun di dalam ruangan. Tanaman dengan nama latin Sansevieria ini sering juga disebut tusuk gigi gajah atau snake plant.

Tak hanya populer dijadikan dekorasi rumah, lidah mertua juga punya banyak manfaat untuk tubuh. Berikut 6 manfaat tanaman lidah mertua.

Memperbaiki Kualitas Udara

Meletakkan tanaman lidah mertua di dalam rumah dapat memperbaiki kualitas udara di ruangan. Lidah mertua mampu menyaring udara, serta mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari. sehingga udara akan terasa lebih segar di pagi harinya.

Menghilangkan Racun

Tanaman lidah mertua memiliki kemampuan menyerap karbon monoksida dan karbon dioksida. Tanaman hias ini juga dapat menyerap racun akibat polusi udara seperti benzene, formaldehyde, xylene, dan triclorethylene.

Dimana zat-zat ini berbahaya jika terhirup dan menyebabkan kanker Lidah mertua juga membantu melindungi tubuh dari alergi akibat udara kotor karena kemampuannya menyerap racun. Wah, bermanfaat banget ya?

Tanaman yang menyerupai ular ini memiliki aroma yang khas. Karenanya, tanaman lidah mertua dapat menyerap dan menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan, seperti di dapur dan toilet. Di beberapa negara maju, tanaman lidah mertua dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami, parfum hingga aromatherapy dengan cara diekstrak untuk mendapatkan minyaknya.

Menyerap Radiasi

Tak hanya menyerap racun, tanaman lidah mertua juga dapat menyerap radiasi yang biasanya ditemukan pada perangkat elektronik seperti laptop, ponsel, televisi, dan sebagainya. Letakkan tanaman lidah mertua di dekat barang elektronik agar mendapatkan manfaat ini. tanaman ini cukup estetis dijadikan dekorasi rumah seperti meletakkannya di sudut ruangan atau sebagai pembatas antar ruang semi permanen.

Tonik Rambut dan Obat Kulit

Lidah mertua juga memiliki manfaat seperti lidah buaya. Ekstrak atau gel tanaman ini dapat digunakan untuk menebalkan rambut. Caranya cukup mudah yaitu dengan usapkan gel lidah mertua di rambut dan biarkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Bahkan di Afrika, lidah mertua sering dimanfaatkan sebagai penawar racun gigitan serangga dan binatang berbisa.

Mengurangi Sick Building Syndrome (SBS)

Selain dijadikan obat kulit hingga penyaring udara, lidah mertua juga bermanfaat mengurangi Sick Building Syndrome (SBS) karena dapat menyerap polutan. Biasanya sindrom ini disebabkan karena buruknya sistem pemanasan, ventilasi dan AC.

Penyebab lainnya seperti ruangan yang dipenuhi orang yang mengandung karbon dioksida dan nikotin. Gejala yang biasanya dirasakan adalah iritasi mata, sakit kepala dan tenggorokan serta rasa lelah dan mual. Meskipun punya banyak manfaat, kamu juga perlu berhati-hati dengan tanaman ini.

Lidah mertua mengandung zat beracun yang bila dimakan akan berbahaya dan menyebabkan muntah serta diare. Karenanya, sebisa mungkin hindari tanaman ini dari anak-anak. Bentuknya yang tajam juga berbahaya bagi anak.(sumber- beautynesia).


Next Post

Kapolresta Tangerang Tinjau KTN di Sukadiri, Ajak Masyarakat Produktif dan Laksanakan Protokol Kesehatan

Sen Agu 10 , 2020
Tangerang – Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi meninjau Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Desa Karang Serang, Kecamatan […]