KOMSOS DENGAN WARGA, BABINSA KORAMIL SOOKO AJAK PETANI SIAP HADAPI MUSIM KEMARAU


Ponorogo – Musim kemarau mulai tiba, di daerah yang intensitas hujannya kurang, biasanya rentan akan kekeringan. Dan ini sering terjadi di wilayah Indonesia, termasuk di Ponorogo.

Menghadapi hal tersebut, tentu Kodim 0802/Ponorogo sudah mengantisipasi dan menghimbau warga dengan berbagai cara, baik itu melalui acara ngobrol – ngobrol antara Babinsa dengan masyarakat maupun melalui pertemuan dengan para tokoh guna memberikan penjelasan agar siap menghadapi musim kemarau tahun ini.

Kopda Anang Sodiq, Babinsa Desa Sooko hari ini berkumpul bersama warga membahas dan mengantisipasi bila terjadi kekeringan pada musim kemarau di Dukuh Sombro, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo.(29/06/19)

Langkah antisipasi pada musim kemarau kali ini, dia katakan kepada warga untuk bijak menggunakan air, ” Untuk diketahui, sekarang sudah musim kemarau. Bagi para petani, termasuk bapak – bapak dan juga seluruh warga Dukuh Sombro, tentu ini menjadi masalah tersendiri, terutama tentang kebutuhan akan air yang merupakan sumber penghidupan semua makhluk. Untuk itu, mari kita sama – sama bijak dalam menggunakan air untuk kebutuhan sehari – hari, ” katanya.

Dia menjelaskan, ” Bapak – bapak harus jeli. Kira – kira tanaman apa yang sesuai atau cocok untuk pertanian di musim kemarau yang tentunya tidak membutuhkan banyak air, sehingga bapak – bapak tidak kesulitan dan mengalami gagal panen, ” jelas Kopda Anang.

Kopda Anang juga mengingatkan kepada warga untuk mewaspadai kebakaran, ” O ya, saat musim kemarau ini, mari kita sama – sama saling mengingatkan kepada keluarga, saudara maupun tetangga untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan kebakaran baik itu rumah, lahan maupun hutan yang dapat merugikan kita semua. Misal, membakar sampah sembarangan, membuang puntung rokok di tempat yang mudah terbakar atau melakukan kegiatan rumah yang berhubungan dengan api, ” kata Kopda Anang.

Babinsa, dimanapun dia bertugas hendaknya harus bisa membangun komunikasi sosial yang kuat dengan masyarakat, terlebih dengan warga binaan sehingga kemanunggalan TNI rakyat terus terbina dan terwujud.(*)


Next Post

Siap Pamerkan Produk Unggulan Dua Kementrian Ikut Serta Festival Cisadane

Sab Jun 29 , 2019
KORANTANGERANG.COM – Dua kementrian dan tujuh kabupaten/kota di Provinsi Banten telah mengkonfirmasi akan ikut serta menghadirkan produk unggulannya dalam Festival […]