Diduga Tidak Miliki IMB, Bangunan 2 Lantai Resahkan Warga


Tangerang-Warga komplek perumahan Taman Raya Desa Mekarsari Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang merasa resah dengan adanya bangunan dua lantai Di Taman Raya Rajeg Blok.J.11 no.5 yang Di duga tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Salah seorang warga, Ayu kartini, Ketua Jurnalis Tangerang Raya(JTR)yang juga Ketua Serikat Media Siber(SMSI) Kota Tangerang merasa resah dan terganggu dengan bangunan tinggi yang sedang direnovasi

Menurutnya, selain membangun tanpa meminta izin tetangga, bangunan tersebut juga tanpa adanya plang IMB.

“Kita resah dan terganggu, selama ini kami diam, menunggu niat baik pemilik untuk berkomunikasi karena rumah bersebelahan tapi sampai 1 bulan lebih saya tunggu niat baiknya, mereka membangun tanpa izin , ya setidak tidaknya ngobrol lah sebagai tetangga ” Ujar Ayu,Rabu(9/8/2020).

Menurut Ayu, akibat pembangunan tersebut, banyak berjatuhan bekas sisa-sisa adukan semen yang berjatuhan di rumahnya.

Di tempat terpisah, Hambali Dari Lembaga Recleasseering Indonesia (LRI) mengatakan bahwa di saat pandemi Covid-19 seperti ini masyarakat yang ingin membangun tetap harus mengikuti Protokol Kesehatan.

“Dalam Perda No 10 Tahun 2006 Kabupaten Tangerang sudah diatur tentang Juklak IMB, seharusnya warga yang ingin membangun memahami ini,”ucap Hambali.

Menurutnya, Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang Tentang IMB ini dibentuk untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD).

Selain itu, Undang undang nomor 28 Tahun 2002, khususnya pasal 7 ayat 1 secara gamblang mengatur tentang perizinan bangunan.

“Jangan sampai izin bangunan di Kabupaten Tangerang ini dijadikan lahan untuk kantong pribadi bagi aparat yang bergerak di bidang perijinan ini,”tegas Hammbali.

Tambahnya, terkait bangunan di Taman Raya Desa Mekarsari Kecamatan Rajeg Blok.J.11 no.5 sudah seharusnya Satpol PP menyegel dan memberhentikan sementara jika memang bangunan tersebut ijinnya belum ada.

“kami minta aparat terkait jangan tutup mata, Satpol PP sudah seharusnya melaksanakan fungsinya, jika dugaan izin IMB belum dipenuhi dan keluhan Warga juga harus ditanggapi,”pangkas Hambali.

Awak media berusaha menghubungi pemilik bangunan tersebut, Namun Sampai berita ini ditayangkan pemilik bangunan belum memberikan keterangan.(Dul).


Next Post

PMI Kota Tangerang Salurkan Wastafel Portabel Ke Wilayah Cipondoh

Rab Agu 19 , 2020
Kota Tangerang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menyalurkan bantuan wastafel portabel Ke Kecamatan Cipondoh dan Situ Cipondoh Kota […]