Dandim 0806/Trenggalek Bersama Forkopimda Hadiri Tradisi Kupatan Kunjungi Kediaman Para Ulama


Trenggalek – Lebaran Ketupat merupakan tradisi khas yang ada di Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Dalam tradisi yang dinanti-nanti masyarakat Trenggalek tersebut, warga Trenggalek bahkan luar kota pun bisa bersilaturahmi sambil menikmati hidangan ketupat dan opor sayur yang disajikan di setiap rumah.

Pada kesempatan ini, Komandan Kodim 0806/Trenggalek Letkol akv. Peddy Adi Pasrsetyo bersama Forkopimda juga berkesempatan merayakan Lebaran Ketupat dengan berkunjung kepada sejumlah Kyai dan tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Durenan, Sabtu (29/04/2023).

Dalam kesempatan ini Dandim 0806/Trenggalek bersama Forkpimda melaksanakan kunjungan perayaan Lebaran Ketupat di beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) dan kediaman para ulama yang berada di wilayah Kecamatan Durenan.

Untuk kunjungan perayaan lebaran ketupat yang pertama kali Dandim bersama rombongan Forkopimda menuju ke Ponpes Babul Ulum Desa Durenan, kemudian dilanjutkan ke Ponpes Hidayatut Thullab Desa Kamulan, Ponpes Daris Sulaimaniyyah Desa Kamulan, Ponpes Darussalam Desa Sumbergayam dan terakhir di kediaman KH. Mahsun Ismail Desa Ngadisuko.

Saat dikonfirmasi Dandim Trenggalek menyampaikan, pihaknya bersama rombongan Forkopimda Trenggalek melakukan Lebaran Ketupat ke tokoh masyarakat, yang paling utama di Pondok Pesantren yang berada di Kecamatan Durenan.

Dandim juga menyebut, tradisi Ketupat yang berada di Kecamatan Durenan ini sudah berlangsung semenjak dahulu hingga sampai ke generasi yang sekarang. Bahkan tak jarang banyak santri dari luar Kota Trenggalek datang karena memang ingin merayakan tradisi ketupat di Kabupaten Trenggalek.

“Lebaran ketupat yang ada di Kecamatan Durenan memang tradisi yang baik dan alhamdulilah kegiatan Lebaran Ketupat sekarang bisa terlaksana dengan lebih semarak,” pungkasnya.(*)


Next Post

Pererat Sinergitas TNI - Polri, Polres Tangsel Berkunjung Ke Kodim 0506/Tangerang

Sab Apr 29 , 2023