Cegah Covid-19, Puluhan Tempat Wisata Di Lebak Ditutup


Lebak – Penyebaran Virus Covid-19 rupanya berdampak kepada seluruh bidang, mulai dari bidang ekonomi, transfortasi hingga pariwisata. Di Kabupaten Lebak sendiri, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata menutup seluruh destinasi wisata yang ada di Lebak. Tak pelak, kawasan wisata seperti pantai Sawarna, Bagedur, Baduy, Negeri Diatas Awan pun terpaksa ditutup, dengan harapan, Virus Covid-19 tidak menyebar.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin mengatakan, pihaknya terpaksa menutup destinasi wisata dengan mengeluarkan surat edaran dengan nomor 556/121-dispar/2020 yang berisi himbauan agar tempat wisata ditutup terhitung mulai tanggal 25 Maret 2019.

“Demi keamanan semua pihak, maka kami menghimbau agar tempat tempat di Lebak ditutup sementara, terhitung mulai tanggal 25 Maret 2020,” kata Imam kepada wartawan, Senin (30/03/2020).

Masih kata Imam, sedikitnya 32 tempat wisata yang ada di Lebak kini sudah tidak lagi dikunjungi oleh wisatawan. Jikapun ada, pengelola wisata memperingati agar wisatawan mengurungkan niatnya untuk datang.

“Sekira 32 tempat wisata kini sudah ditutup. Jika ada wisatawan yang datang, maka pengelola wajib  memperingati dan memberitahukan tentang adanya penutupan,” ujar  mam

Penggiat wisata asal Kecamatan Bayah, Erwin Komara Sukma membenarkan, jika pemerintah daerah telah menginstruksikan agar tempat wisata ditutup termasuk kawasan wisata Sawarna dan sekitarnya. Dalam halaman akun Facebooknya, Erwin mengharapkan agar wisatawan jangan dulu datang ke Lebak. Karena, dikhawatirkan virus Corona menyebar.

“Saya rasa sudah jelas, wisatawan jangan dulu berkunjung. Kita, khusunya pengelola wisata yang ada dikawasan Sawarna dan sekitarnya sudah berkomitmen dan mendukung langkah dari pemerintah daerah,” kata Erwin.

Hal senada juga dikatakan oleh Mumu Mahmudi, pengelola tempat wisata Pantai Bagedur. Kata dia, sejak dikeluarkannya surat edaran dari Dinas Pariwisata, pihaknya melarang wisatawan datang.

“Sudah kita lakukan, jika ada yang datang berkunjung kita larang dan suruh pulang lagi,” kata Mumu.(ajat).


Next Post

PemkotaTangerang Terima Bantuan Alat Kesehatan Tangani pandemi Covid-19 dari Kementrian Kesehatan dan Provinsi Banten

Sen Mar 30 , 2020
Kota Tangerang Pemerintah Kota Tangerang menerima bantuan alat kesehatan untuk menangani pandemi Covid-19 dari Kementrian Kesehatan dan Provinsi Banten. “Kami […]