Babinsa Koramil 1312-08/Melonguane Tanamkan Nilai Pancasila di Bangku Sekolah


Talaud – Babinsa desa Tule Tengah, Kopda Albert Magenda dan Babinsa desa Tule Utara, Koptu Yerobean Larenaung melaksanakan Kunjungan di sekolah SMA Neg. Piningkatan desa Tule, Kecamatan Melonguane Timur dengan Membawakan Materi tentang Pancasila sebagai dasar Negara kesatuan RI dan sumber dari segala sumber hukum perlu diamalkan oleh setiap generasi Muda sejak dibangku sekolah, Selasa (28/1).

Babinsa desa Tule tengah,, Kopda Albert Magenda dan pada saat memberikan materi dirungan kelas terhadap Siswa-Siswi SMA Neg Piningkatan Tule menjelaskan tentang Pancasila adalah, sebuah dasar negara yaitu PANCA, artinya Lima SILA, artinya Dasar, maka Pancasila adalah Lima dasar yang mengandung nilai-nilai Ideologi negara. “Nilai-nilai dasar yang merupakan dalam sifat normatif dan abstrak,” ungkapnya.

Pancasila sebagai dasar negara menyiratkan bahwa, nilai-nilai yang terkandung didalamnya akan menjadi dasar atau pedoman bagi kalangan masyarakat negara Indonesia.

Babinsa desa Tule Utara, Koptu Yerobean Larenaung menjelaskan tentang pancasila adalah Sumber dari segala Sumber hukum di Indonesia adalah, sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 yang menempatkan Pancasila sebagai dasar ideologi negara serta sekaligus dasar filosofis bangsa dan negara, sehingga setiap materi muatan peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Implementasi nilai-nilai dari Pancasila yang menumbuhkan rasa kepercayaan yang tinggi terhadap hukum sebagai pencerminan adanya kesetaraan dan pelindungan hukum terhadap berbagai perbedaan pandangan, suku, agama, keyakinan, ras dan budaya yang disertai kualitas kejujuran yang tinggi, saling menghargai, saling menghormati, non diskriminatif dan persamaan di hadapan hukum,” ujarnya.

Sementara Kepala Sekolah SMA Neg Piningkatan Tule, Zyarif Andolo dan sejumlah guru-guru kelas SMA Neg Piningkatan Tule sangat bangga dan mengucapkan trimakasih terhadap Bapak Babinsa desa Tule Tengah dan Babinsa desa Tule Utara yang sudah membantu kami tenaga pengajar dan pendidik di sekolah ini yang berpartisipasi memberikan Materi tentang Pancasila sebagai dasar negara, idiologi dan Sumber hukum secara sukarela tanpa Pamrih. “Terimakasih Bpk Babinsa,” imbuhnya. (Red).


Next Post

KORAMIL 1312-06/NANUSA GANDENG 2 SEKOLAH DASAR BERSAMA GURU DAN NUSANTARA SEHAT PEMBERSIHAN LINGKUNGAN

Rab Jan 29 , 2020
Talaud – Bertempat di pantai timur kompleks Makoramil 1312-06/Nanusa pulau Karatung, telah dilaksanakan pembersihan lingkungan oleh personel Koramil 1312-06/Nanusa bersama […]