Wujudkan Kesejahteraan Nelayan, Banten Bentuk HMNI

korantangerang.com – Pembangunan Nasional di sector kelautan dan perikanan belum sepenuhnya mendapat perhatian, sehingga manfaatnya sampai sekarang belum optimal di banding Negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Oleh karena itu, dalam Rangka pemanfaatkan sumber daya kelautan dan perikanan secara optimal bertanggung jawab serta lestari khususnya di Provinsi Banten akan di bentuk Himpunan Masyarakat Nelayan Indonesia (HMNI).

H.Syachroni,SE selaku ketua HMNI Provinsi Banten mengatakan, Organisasi HMNI ini berfungsi sebagai tempat dan sarana komunikasi Masyarakat Nelayan Indonesia yang selama ini masih belum banyak dapat diharapkan. Selain itu, HMNI juga berfungsi sebagai wadah pemersatu Masyarakat Nelayan Indonesia yang terpencar disepanjang pesisir pantai Indonesia dalam upaya mewujudkan masyarakat Nelayan Indonesia yang sehat, sejahtera dan cerdas serta terjamin hak kehidupannya secara adil sebagai bagian dan masyarakat Indonesia. “Hari ini kita menggelar rapat kepengurusan untuk mempersiapkan pelantikan HMNI Provinsi Banten yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang,” tutur syachroni pada acara rapat kepengurusan HMNI disalah satu rumah makan di Kota Serang, Sabtu, (14/11/15).

Lebih lanjut syachroni mengatakan, pada pelaksanaannya HMNI meneyelenggarakan berbagai usaha atau kegiatan serta menggali segenap potensi yang ada dalam rangka memberikan manfaat dan daya guna bagi kemakmuran masyarakat nelayan Indonesia. Selain itu HMNI juga berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat nelayan Indonesia melalui berbagai pendidikan dan pelatihan teknis guna menungkatkan kemamuan serta daya saing dengan pendidikan umum bagi keluarganya yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan Indonesia. “Organisasi ini bersipat independent, professional,komunikatif, mandiri,dan gotong royong serta kekeluargaan dan mengayomi masyarakat nelayan Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris HMNI Provinsi Banten Tatang Sumpena,St,Mm menuturkan, Organisasi ini dibentuk untuk menghimpun dan mempersatukan masyarakat nelayan Indonesia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, keadilan, dan keamanan bagi nelayan khusunya di Provinsi Banten. “Di Banten ini pembentukan HMNI, sebagai Pilot Project dari 32 provinsi yang pertama di bentuk yaitu Provinsi Banten, Saat ini kita fokus pada pelantikan, yang rencananya akan digelar di Anyer bulan Desember mendatang,” jelasnya.

 

Dikatakan Tatang pada pelantikan nanti, akan dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, gubernur banten serta kepala daerah di Provinsi Banten. Tatang berharap setelah terbentuknya HMNI ini dapat menjalin sinergitas antara nelayan dengan pemerintah pemerintah. “ Semoga dengan dibentuknya HMNI Provinsi Banten ini dapat mensejahterakan para nelayan,” harapnya. (goes)