WNA Asal Tiongkok Nekat Selundupkan Burung Dalam Celana

WNA Asal Tiongkok Nekat Selundupkan Burung Dalam Celana

korantangerang.com – Ditengah giat-giatnya Pemerintah Indonesia  melarang masuk segala jenis unggas dari Negeri Tiongkok karena ditenggarai sampai saat ini masih terjangkit wabah flu burung.

Namun dua warga negara Cina yakni laki-laki berinisial LG (42) dan perempuan, LC (28) nekat menyelundupkan puluhan burung dari negaranys sehingga keduanya harus diamankan Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta.

Aksi tersebut terungkap saat keduanya yang menumpang pesawat Garuda Indonesia dari Cina tiba di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta, pada Selasa, 3 Mei 2016 lalu.

“Keduanya terlihat mencurigakan, celananya mengebung, seperti menyembunyikan sesuatu. Akhirnya petugas lakukan pemeriksaan fisik,”kata Kepala Kantor Cabang Utama Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Erwin Situmorang saat memberikan keterangan di Kantornya, Kamis (26/5).

Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan 25 ekor burung di dalam tiap kantong celana kedua pelaku. LG memasukkan sekitar 25 ekor burung, sedangkan LC memasukkan sekitar 15 ekor.

Burung-burung tersebut dimasukkan terlebih dulu ke dalam kandang kecil terbuat dari bambu, baru dimasukan ke dalam celana.

“Diduga puluhan burung itu dibius terlebih dahulu, agar tidak ribut ” jelas Erwin.

Menurutnya, burung-burung berwarna cantik tersebut memang bukan hewan yang dilindungi. Namun, kedatangannya ke Indonesia tidak dilengkapi dengan surat rekomendasi dari negara asalnya ataupun sertifikat dari Balai Besar Hewan Indonesia.

Sementara Tri Wahyuni Kepala Bidang Karantina Hewan pada Balai Besar Karantina Pertanian Bandara-Soetta yang saat itu juga berbarengan dengan Bea Cukai melaksanakan konfrensi Pers mengamini bahwa kegiatan impor unggas dari Tiongkok sedang dilarang oleh pemerintah Indonesia.

“Sebab disana masih ada wabah virus flu burung atau HI yang mejangkit. Jadi berdasarkan peraturan UU 16/1992 dan PP no 82/2000 Tentang Karantina Hewan, kita masih ada larangan unggas asal Cina masuk ke Indonesia,” kata Tri. (naser)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.