Warna Air Menguning,Pemda Diminta Turun Tangan

Sebanyak 400 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal wilayah Rt.01/005 Kampung Piicung Desa Pasar Kemis Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang mengeluhkan sumber air tanah/Sumur yang berubah warna kuning yang diduga telah tercemar limbah beracun dari perusahan yang ada di sekitar perkampungan.

Ade Wijaya Ketua Rt.01/005 kepada wartawan di kediamannya Selasa (26/9) menjelaskan, “Hingga kini sumber air tanah/sumur yang berada di Kampung ini berwarna kuning. Serta sudah tak layak di gunakan untuk minum,memask, mencuci bahkan untuk mandi. “Sudah hampir 5 tahun warga harus membeli atau meminta air di Rt sebelah,”hal ini di ungkapnya.

Hingga kini, kami masyarakat hanya bisa berdiam diri dengan kejadian ini yang sudah terjadi selama 5 tahun namun sampai saat ini belum ada jalan
keluarnya terutama dari pihak pemerintah daerah kabupaten tangerang.

Menurutnya, Air yang tercemar ini sangat berbahaya, ‘Dipakai cuci tangan atau tubuh saja akan terasa gatal bahkan kulit bisa terluka bila kita garuk bisa jadi koreng pada kulit. Apalagi, bila di pakai untuk keperluan mandi, mencuci apa lagi untuk memasak atau diminum bisa pada keracunan, “ungkapnya.

Warga sudah berusaha sekeras mungkin bahkan kami sudah melakukan unjuk rasa dikantor Desa tentang keluhan warga ini, namun tidak bisa memberikan solusi dari permasalahn yang kami hadapi.

Malah, Warga pernah mendapatkan bantuan air bersih dari BPBD-DAMKAR , akan tetapi itu tidak bisa menyekesaikan masalah yang ada dan itu hanya bersifat sementara”ujarnya.

“Pernah ada dari pihak BLHD Kabupaten Tangerang memeriksa asal masalah air berubah warna ini, namun sampai saat ini belum ada tindakan atau alasan yang pasti.”Kami berharap adanya tindakan yang jelas dari pemerintah kabupaten Tangerang dalam menghadapi permasalah ini,”harapnya. (Mul/Hin)