Walikota Ikut Ngarak Perahu Peringati Maulid

Korantangerang.com – Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah bersama dengan warga RT 04 Kali Pasir Kelurahan Sukasari menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara yang unik.

Bila peringatan Maulid Nabi biasanya biasanya identik dengan tausiyah dan pengajian, warga Kali Pasir mengemas kegiatan tahunan tersebut dengan membuat arak-arakan perahu hias yang mengitari Pasar Lama dan wilayah Kelurahan Sukasari.

“Arak-arakan perahu hias tersebut merupakan tradisi yang dilakukan secara turun-temurun menyambut kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW,” ujar Ketua DKM Masjid Jami’ Kali Pasir, H. Husein, Jumat (01/12).

“Setelah diarak oleh warga masyarakat nanti kita lanjutkan ya dengan ziarah di makam tertua di Kota Tangerang yakni di lingkungan Masjid Kali Pasir,” jelasnya.

Husein juga menyampaikan apresiasinya kepada Wali Kota yang menyempatkan diri untuk hadir dalam acara yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat Islam di Kota Akhlakul Karimah.

Sementara itu, Wali Kota yang juga turut melepas peserta arak-arakan di kawasan Kota Tua Pasar Lama, menyampaikan bahwa kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini harus dimaknai sebagai sarana untuk mengembangkan nilai-nilai budaya Islam di tengah-tengah tantangan globalisasi yang menjadikan masyarakat lebih individualis dan pragmatis.

“Semoga kegiatan ini menjadi syiar kepada masyarakat akan nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamiin,” tuturnya.(zher)