Wali Kota Tangerang Berbagi Ilmu Smart City pada Wali Kota Serang Beserta Jajarannya

Wali Kota Tangerang Berbagi Ilmu Smart City pada Wali Kota Serang Beserta Jajarannya

KORANTANGERANG.com – Smart City atau Kota Cerdas” adalah salah satu solusi bagi pemerintah daerah untuk bergerak cepat dalam menyikapi berbagai perkembangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Paparan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah saat menjadi narasumber dalam Kegiatan Sosialisasi Percepatan Pembangunan Smart City Kota Serang melalui Madani Smart City, di Aula Hotel Allium, Kota Tangerang, Selasa (25/10).

Dengan paparan lugasnya, Arief menyampaikan, jika pemerintah daerah tidak dapat melakukan akselerasi dalam menyikapi perkembangan di masyarakat, penyelenggaraan roda pemerintahan baik internal dan eksternal tidak akan berjalan seimbang. Melalui pengembangan Smart City dengan memanfaatkan berbagai aplikasi berbasis teknologi, tentunya kami ingin menuju pada sebuah peningkatan kinerja serta kemudahan, kecepatan dan solusi bagi kemajuan kota, pegawai serta masyarakatnya.

“Ada tiga aspek yang harus dipenuhi untuk menyukseskan konsep smart city yaitu hardware, software dan brainware,” papar Arief  dihadapan Wali Kota Serang, Tubagus Haerul Zaman, Sekretaris Daerah, Tubagus Urip Henus serta para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

Hardware itu, lanjutnya, berbicara pada infrastruktur, seperti kalau Base Transceiver Station (BTS)-nya belum banyak dan lambat itu susah. Sementara software, soal aplikasi maupun sensoring, yaitu aplikasi untuk menangkap data-data realtime dari masyarakat. Sedangkan brainware, adalah sumber daya manusianya. Di mana SDM yang ada, harus paham soal hardware dan software yang digunakan.

“Tiga aspek tersebut, harus bersinergis dalam pengembangan Kota Cerdas. Hal itu juga yang terus kami tingkatkan agar semakin memudahkan setiap pekerjaan dan dapat merespon dengan cepat setiap masukan dari masyarakat,” tutur Arief.

Melalui penggunaan berbagai aplikasi yang ada, seperti halnya layanan aspirasi kontak saran anda, layanan pengadaan secara elektronik, tata naskah dinas secara elektronik (e-office), sistem informasi kepegawaian daerah, perijinan, sistem informasi petugas lapangan, dan sederetan aplikasi lain, yang semuanya berbasis online, selain memberikan kemudahan kepada pegawai dan masyarakat, juga sebagai bentuk keterbukaan informasi publik dan upaya pelayanan prima kepada kepada masyarakat sebagai wujud good governance atau pemerintahan yang baik.

Arief tentunya sangat mengapresiasi upaya Wali Kota Serang, Tubagus Haerul Zaman beserta jajarannya yang bergerak cepat menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) Tangerang Smart City yang telah dilakukan di Pusat Pemerintah Kota Tangerang, pada (20/9). Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada Pemkot  Tangerang yang telah memberikan ruang untuk berbagi ilmu dam implementasi soal konsep Smart City kepada aparatur di lingkup Kota Serang.

“Ketertarikan dan kesungguhan Kota Serang untuk menerapkan Konsep Kota Cerdas, langsung ditindaklanjuti dengan cepat diantaranya melalui kegiatan sosialisasi dan sharing ilmu pada hari ini. Untuk sebuah perubahan yang baik harus mau berkorban dan terus belajar,” tuturnya seraya mengucapkan, semoga upaya untuk menjadikan Kota Serang semakin maju dan madani di masa depan, diberikan kelancaran dan kami siap mendukung dan berbagi ilmu, karena pada prinsipnya kami juga terus belajar dan meningkatkan kualitas pembangunan dan pelayanan, diantaranya dengan menerapkan konsep Smart City.

Sementara itu, Tubagus Haerul Zaman, menuturkan, pengembangan Kota Cerdas di Kota Tangerang dinilainya  sudah berjalan dengan baik. Hal itulah yang membuatnya yakin untuk melakukan MoU dengan Kota Tangerang dan mengundang Pak Arief dalam kegiatan Sosialisasi Percepatan Pembangunan Smart City Kota Serang.hari ini. Dirinya berharap kepada para kepala OPD untuk dapat menyerap ilmu, wawasan dan pengalaman yang telah dilaksanakan di Kota Tangerang untuk kemudian diterapkan di Pemkot Serang..

“Terima kasih atas kehadiran pak wali untuk berbagi ilmunya dan kami berharap dapat lebih meningkatkan kualitas pembangunan dan pelayanan bagi warga Kota Serang di masa depan,” ujarnya.

Seusai acara, Tubagus Haerul Zaman juga menyempatkan diri berkunjung ke Tangerang LIVE Room sebagai pusat pengembangan Smart City Kota Tangerang.yang berada di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. @ADVERTORIAL/HMS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.