Wah Ada Lomba Kuliner Laksa Tangerang

KORANTANGERANG.com – carga Kota Tangerang rasanya tidak ada yang tak mengenal makanan khas yang satu ini. Ya apalagi kalau bukan Laksa. Laksa memang bukan hanya terdapat di Tangerang, akan tetapi juga dapat ditemui di daerah lainnya. Tapi tetap saja, Laksa Tangerang mempunyai bentuk dan citarasa yang khas yang tidak akan ada pada laksa lainnya. Salah satunya adalah penggunaan mie tepung beras dan kuahnya yang gurih.

Kamis (25/8/2016) para pedagang yang biasanya berjualan melayani pelanggan nampak menyajikan makanannya kepada sejumlah perempuan. Bukan cuma soal rasa yang dipersembahkan, melainkan hal-hal lain juga demikian detail diperhatikan. Maklum saja, perempuan yang disuguhi makanan tersebut adalah para dewan juri yang akan menilai masakan mereka. Para abang tukang laksa ini memang sedang mengikuti lomba untuk menjadi yang terbaik. Diselenggarakan di pelataran Puspem Kota Tangerang, acara ini masih rangkaian dari International Folklore Festival 2016.

Dari sekian peserta lomba, perwakilan yang ikut dalam lomba ini salah satunya adalah Warung Laksa Bang UU. Pemilik laksa Bang UU, Yusuf Bahtiar mengaku, baru pertama kali ikut lomba semacam ini. “Ya, saya baru ikut pertama kali. Senang juga sih kalau ada lomba seperti ini,” ujarnya saat ditemui. Yusuf menambahkan, menu yang disajikan tim-nya laksa campur daging ayam bakar serta laksa ayam bakar plus telur. “Kalau setiap hari saya berjualan di kawasan kuliner (Jalan M Yamin, Babakan, Kecamatan Tangerang),” ujarnya.

Salah seorang dewan juri, Santi mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian terhadap kuliner yang diperlombakan. “Yang pertama adalah teksturnya. Yang dimaksud di sini adalah tekstur mie-nya serta menu pendamping, kan pasti berbeda-beda tuh,”katanya. Yang kedua adalah citarasa. “Walaupun bentuknya sama, sekilas mirip, pasti rasanya tidak mungkin sama, olahan tangan dan takaran bumbunya sudah pasti beda juga,” katanya. Lalu ada lagi higienitas penyajian, bersih apa tidak itu juga jadi penilaian,”terangnya. Setelah itu, barulah masing-masing kriteria ditotal sehingga menghasilkan pemenang. “Masing-masing dari mereka punya kelebihan kok,”pujinya. @ADVERTORIAL/HMS