UILS Ciracas Permudah Warga Menangani ODMK

UILS Ciracas Permudah Warga Menangani ODMK

KORANTANGERANG.com – Kerap dianggap mengganggu dan meresahkan masyarakat, tidak sedikit Orang Dengan Masalah Kejiwaan atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODMK/ODGJ) yang dipasung oleh keluarganya sendiri.

Padahal jika mendapat pola penanganan yang tepat seperti pemberian obat, ODMK/ODGJ juga bisa sembuh dan hidup normal. Bahkan mereka dapat berfungsi sosialnya di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk itu perlu ada upaya menghilangkan stigma sekaligus menyembuhkan mereka. Dari pemerintah DKI dalam hal ini Dinas Sosial DKI Jakarta telah mendirikan Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) Ciracas, Jakarta Timur,” ujar Tuti Sulistianingsih Kepala Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, Kamis (1/12)

Tuti juga mengatakan, dengan berdirinya UILS di tengah-tengah masyarakat, akan memudahkan warga untuk mendapatkan informasi terkait penanganan ODMK.

“Selama berdirinya UILS Ciracas, keluarga ODMK/ODGJ sangat antusias sekali untuk ikut serta di dalam mengikuti kegiatan-kegiatan layanan sosial. Ini bermanfaat dalam membantu sanak keluarga yang mengalami masalah kejiwaan dalam proses pemulihan,” kata Tuti.

Salah satu warga binaan sosial UILS Ciracas, Nanang (37), sudah mampu berinteraksi dengan teman-temannya bahkan sudah mulai produktif bekerja.

“Kondisi Nanang pada saat awal masuk di bulan Mei lalu memang stabil, hanya saja Nanang kurang bersosialisasi kepada temen-temannya, memiliki harga diri rendah, dan merasa minder, segala upaya dilakukan oleh pekerja sosial dan psikolog untuk dilakukan identifikasi, konseling dan assesment agar diketahui permasalahan yang sedang dihadapi oleh Nanang” terang Tuti.

Setelah itu, katanya, pihaknya mengajak Nanang untuk mengikuti kegiatan bimbingan seperti bimbingan mental dan spritual, fisik, ketrampilan dan terapi.

“Ini dilakukan untuk melatih Nanang agar dapat berinteraksi, mengembangkan bakat yang dimiliki, dan dapat berfungsi secara sosial di tengah-tengah masyarakat,” kata Tuti.

Ia juga mengemukakan, sebenarnya kondisi Orang Dengan Skizofrenia (ODS) memang bisa pulih dengan bantuan obat. Namun, biasanya yang tidak sembuh karena putus obat, jadi obat adalah hal yang penting dalam penanganan psikotik.

“Perlu juga keluarga itu diberikan edukasi agar memahami secara komprehensif dalam merawat ODMK/ODGJ,” Terang Tuti

Dalam pemulihan Nanang, lanjutnya, didukung oleh peran-peran pemerintah yang membantu seperti Seksi Sosial Kecamatan Ciracas, psikolog dan psikater UILS Ciracas, dan Karang Taruna Ciracas yang membantu memberdayakan Nanang dalam usaha fotocopy. @AANG

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.