Tips terhindar dari Smartphone palsu

Tips terhindar dari Smartphone palsu

smartphone-collection

Dalam membeli sebuah smartphone, setiap orang menginginkan produknya itu asli atau bukan tiruan atau palsu. Untuk itu maka berhati-hatilah, kenali dulu ponsel yang ingin dibeli agar tak terjebak membeli produk replika. Bagaimana caranya?
Lucky Sebastian, Founder Gadtorade Community, mengatakan pahami dulu produk aslinya agar dapat membandingkan mana yang asli atau “aspal”. Apabila tidak pernah melihat produk aslinya dan ragu-ragu, dapat dilakukan dengan cara mereset pabrik ponsel tersebut.
“Pertama yang dilakukan adalah reset factory atau dengan mekanisme hard reset,” ucap Lucky.
Setiap smartphone baru yang hadir dengan aplikasi benchmark terinstal (pre installed), sepeti AnTuTu atau CPU-Z wajib juga dicurigai.
“Segera lakukan factory reset dan instal aplikasi-aplikasi itu dari toko aplikasi resmi ponsel tersebut,” lanjut Lucky.
Setelah itu, Anda dapat melakukan benchmark ulang pada ponsel tersebut dan cek pada bagian info, apakah sama dengan spesifikasi hardware yang tercantum pada perangkat aslinya. Semisal tipe prosesor, resolusi layar, dan lainnya.
Bagaimana jika produk tersebut masih terbungkus kardus atau baru, namun Anda ragu-ragu sebab membelinya secara online secara personal. Langkah yang dapat dilakukan adalah mengecek nomor IMEI atau International Mobile Equipment Identity pada perangkat tersebut.
“Pada kardus smartphone biasanya dituliskan nomor SN atau email perangkat tersebut, nah perhatikan baik-baik nomor itu dan catat,” ucap Lucky lagi.
Setelah itu, cobalah pergunakan beberapa website dengan mengecek IMEI tersebut untuk mengecek keasliannya. Anda dapat mengeceknya di imei. info atau imei-number.com.

Sumber: okezone.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.