Tiongkok Tambah Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

korantangerang.com – UNESCO telah memutuskan memasukan salah satu daerah di provinsi Hubei, Tiongkok, dalam daftar situs warisan dunia mereka.

Melalui Sesi ke-40 Komite Warisan Dunia yang diselenggarakan di Istanbul pada hari Minggu lalu, UNESCO memutuskan untuk memberikan penghargaan bergengsi untuk Shennongjia sebagai salah satu situs warisan dunia.

Hingga saat ini Tiongkok telah memiliki 50 tempat yang terdaftar sebagai situs warisan dunia milik UNESCO.

“Shennongjia telah menjadi tempat tujuan ilmiah yang diakui oleh para peneliti terutama para ahli botani. Pegununangan yang ada di tempat ini pun telah masuk dalam sejarah penelitian para ahli botani sejak dulu,” menurut sebuah laporan.

Dalam pertemuan Komite Warisan Dunia ke-40 itu, Shennongjia digambarkan sebagai berikut :

Terletak di Provinsi Hubei, Tiongkok tengah-timur, situs ini terdiri dari dua komponen yakni, Shennongding/Badong di bagian Barat dan Laojunshan di bagian Timur.

Tempat ini melindungi hutan primer terbesar yang tersisa di Tiongkok Tengah, dan merupakan habitat bagi banyak spesies fauna langka, seperti Salamander Raksasa Tiongkok, Monyet berhidung pesek, Macan pohon, Leopard, dan Beruang hitam.

Shennongjia juga merupakan salah satu dari tiga pusat yang memiliki keanakeragama hayati di Tiongkok. Situs ini memiliki sejarah penelitian botani pada abad ke-19 dan ke-20.

Meskipun Shennongjia telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia, pada pertemuan tersebut disampaikan pula keprihatinan beberapa pihak terhadap tekanan potensi wisata Shennongjia di masa mendatang. Terlebih lagi, baru-baru ini telah dibuka bandara internasional baru didaerah tersebut.

Melihat hal itu, Walikota Distrik Kehutanan Shennongjia, Li Faping, berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk menjaga situs tersebut. Dilansir Shanghaiist,Selasa (19/7/2016). @DF