Tingkatkan Minat Baca pada Anak

Dunia anak adalah dunia bermain, peran orang tua dalam masa keemasan anak sangat diperlukan. Sebab dalam fase tersebut, otak anak mampu menyerap informasi dengan cepat sehingga memengaruhi tingkah pola dan cara berpikir anak saat ia dewasa nanti. Menumbuhkan minat baca pada anak perlu keterlibatan semua pihak, terlebih orang tua.

Keterbatasan waktu belajar di sekolah, membuat orang tua harus lebih perhatian kepada anaknya. Misalnya menerapkan pola bermain sambil belajar. Melalui bacaan-bacaan ringan seperti buku dongeng atau buku cerita yang biasanya disertai ilstrasi gambar mendorong ketertarikkan anak pada bacaan. Meskipun awalnya anak fokus pada ilstrasi gambar, lama kelamaan akan timbul rasa penasaran pada anak sehingga ia pun membaca cerita dalam buku tersebut.

Bisa juga para orang tua membatasi penggunaan gadget dan waktu bermain game. Sehingga, di sela waktu luang anak dapat mengambil bahan bacaannya. Fasilitasi bahan bacaan anak di rumah dengan melengkapi beberapa jenis buku seperti buku dongeng atau sastra, buku pelajaran bergambar, serta buku pengetahuan umum.

Tekankan pada anak bahwa melalui kegiatan membaca, ia akan tahu segalanya. Tahu tentang dunia meskipun belum pernah keliling dunia. Kegiatan membaca dapat membawamu ke kehidupan yang lebih baik, sebab orang yang banyak tahu adalah orang yang cerdas dan dapat berkomunikasi dengan baik. Orang yang banyak tahu adalah orang yang tidak pernah berhenti membaca dan terus membaca. @Dhea