Tidak Punya Teman di Kantor? Ternyata Ini Alasannya

KORANTANGERANG.com – Banyaknya pekerjaan di kantor terkadang membelenggu karyawan sebagai makhluk sosial. Sempitnya waktu bersosialisai membuat pergeseran pola hidup, manusia berubah menjadi makhluk yang individualistis.

Tidak bisa dipingkiri fenomena itu nyata. Waktu lebih banyak habis di meja kerja ketimbang bersosialisasi. Bersialisasi bukan hanya penting untuk mengembangkan jaringan kerja dan pertemanan tetapi juga menjadi kebutuhan manusia.

Melihat sulitnya mendapatkan waktu untuk bersosialisasi bagi pekerja di kantor, Psikolog Klinis Dewasa, Josephine Kinardi membagi beberapa kiat agar karyawan lancar bekerja dan punya waktu untuk bersosialisasi.

“Langkah pertama adalah datang ke kantor lebih cepat. Lalu mulailah bekerja. Pastikan fokus selama bekerja, sehingga tidak ada waktu yang terbuang,” ungkapnya.

Langkah kedua, jangan sia-siakan waktu istirahat. Pergilah makan siang dan bergabung dengan rekan-rekan kerja lain. Dengan begitu terjadi interaksi selama jam makan siang.

“Ketiga, pulang tepat waktu. Ketika pekerjaan sudah selesai, karyawan bebas ingin bersosialisai dengan siapa saja. Entah itu makan malam bersama teman kantor atau teman-teman lain,” tukas Josephine yang merupakan psikolog lulusan Universitas Tarumanegara ini. @DF