Ternyata, Kerja Tidak Harus Selalu Sesuai Jurusan Saat Kuliah

Ternyata, Kerja Tidak Harus Selalu Sesuai Jurusan Saat Kuliah

KORANTANGERANG.com – Sebagian fresh graduate mengambil tawaran sebuah pekerjaan walaupun bukan bidang yang ditekuninya saat masih menempuh pendidikan dikarenakan beberapa sebab, salah satunya ketakutan akan tidak mendapat pekerjaan dalam waktu yang lama.

Hal ini banyak terjadi dalam kegiatan rekrutmen saat ini, di mana bekerja tidak harus terpaku oleh materi dan gelar yang didapat selama kuliah.

Walaupun hampir setiap orang tua menyarankan agar anaknya bekerja sesuai dengan jurusan yang diambil saat masih kuliah, beberapa di antaranya memilih untuk mengambil kesempatan yang sudah ada karena berfikir kesempatan tak akan datang dua kali.

Tapi tidak ada salahnya jika Anda bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan jurusan pendidikan Anda, malah mungkin bisa menjadi hal positif untuk karier Anda. Kenapa kerja tidak harus sejalan dengan kuliah? Berikut alasannya:

1.Mendapat banyak ilmu dan pengalaman baru

Meski ilmu yang didapat selama kuliah berbeda di dunia kerja Anda saat ini, jangan patah semangat. Hal ini justru baik karena ilmu yang Anda punya akan bertambah dan Anda akan punya nilai tambah ketika Anda akan melamar di tempat kerja lainnya lagi nanti. Selain itu juga Anda mendapat penglaman baru yang baik untuk karier Anda.

2.Kemampuan Anda akan lebih terasah

Yang dipraktikan di tempat kuliah dengan tempat kerja berbeda? Tidak perlu khawatir, justru dengan hal ini kemampuan Anda bukan hanya bertambah, tetapi juga semakin terasah. Jika kemampuan Anda sudah di atas rata-rata, karir Anda juga secara otomatis akan meningkat.

3.Kemampuan beradaptasi menjadi lebih baik

Pada awal perkuliahan, Anda sudah terbiasa dihadapkan oleh kegiatan-kegiatan yang memaksa Anda untuk mengenal satu sama lain bukan? Contohnya pada saat kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), Anda berkenalan satu sama lain, mengikuti instruksi senior, dan belajar hal baru yang tidak diajarkan saat masih duduk di bangku sekolah.

Sama halnya dengan dunia kerja, di sini adaptasi Anda dimulai dengan masa percobaan yang biasanya berlaku 3-6 bulan. Pada masa ini, Anda akan dihadapkan dengan orang-orang baru dari berbagai bidang, di mana Anda berkesempatan untuk bertanya sebanyak yang Anda butuh mengenai pekerjaan Anda.

  1. Menemukan passion di pengalaman baru

Semua manusia terlahir dengan passion yang berbeda, tapi tidak semua menyadari passion yang ada di dalam diri masing-masing. Sebenarnya banyak sekali cara untuk menemukan passion yang ada di dalam diri Anda, beberapa tandanya:

Anda menyukai pekerjaan yang Anda lakukan, Anda bersemangat menjalaninya, dan ingin terus berkembang di industri yang Anda tekuni saat ini, bisa jadi itu adalah passion yang belum Anda sadari.

Anda juga bisa coba tes minat sebelum melakoni dunia kerja agar dapat memilih karier terbaik kedepannya.

  1. Mendapat banyak teman baru dari beragam keahlian

Lingkungan kerja akan sangat berbeda dengan ruang lingkup saat Anda duduk di bangku kuliah.

Saat kuliah Anda bertemu di kampus untuk mempelajari hal yang sama, namun saat masuk ke dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang memiliki tanggung jawab berbeda-beda di dalam pekerjaan.

Dengan begini, Anda dapat bertukar pikiran atau pendapat tentang hal-hal yang belum Anda ketahui sebelumnya. @DF

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.