Tergoda Kuah Khas Mi Kocok

korantangerang.com – Sore itu kota Bandung tepatnya Jalan Ahmad Dahlan terlihat lengang. Namun, sebuah kedai sederhana yang berdiri di pinggir jalan tersebut cukup mencuri perhatian.

Kedai nomor 67 tadi tampak mulai kedatangan sejumlah pengunjung. ‘Mih Kocok Mang Dadeng’, demikian bunyi tulisan yang terpampang besar-besar di bagian depannya.

Bagi yang belum tahu, Mih Kocok Mang Dadeng merupakan kedai mi kocok legendaris di Kota Kembang. Usaha ini telah dirintis sejak 1958 silam dan masih digemari hingga saat ini.

Jika Anda baru pertama kali singgah ke daerah satu ini, memang cukup sulit menemukan kedai tersebut. Meski berada di area strategis, dekat dengan Hotel Horison yang berada di Jalan Pelajar Pejuang, kedai Mih Kocok Mang Dadeng tampil tak terlalu mencolok dengan aksen kayu dan bambu meliputi seluruh bangunan.

Serupa dengan eksteriornya, bagian dalamnya juga terkesan sederhana. Hanya ada beberapa meja dan kursi serta area masak mi kocok yang dipenuhi dengan dandang-dandang besar berisi kuah kaldu panas.

Asap putih mengepul dari dalamnya. Terlihat pula mangkuk-mangkuk yang dipenuhi mi dan tauge yang menggunung. Seluruhnya berada di dalam gerobak yang tak lagi memiliki roda.

Saat melangkahkan kaki ke dalam kedai, aroma kikil dan bumbu pedas gurih pun tercium lembut di hidung.

Sekitar pukul 15.00 WIB, pelanggan mulai berdatangan. Namun, mereka lebih memilih untuk membawa pulang mi kocok ketimbang makan di tempat. Mungkin alasannya malas antre, lantaran kapasitas kedai yang hanya bisa menampung beberapa pelanggan. @DF