Target 40 Persen Dalam RPJMD, PDAM TKR Lakukan Progres Dan Tingkatkan Kemampuannya

Korantangerang.com – Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) Kabupaten Tangerang Tahun 2018, PDAM Tirta Karta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang ditargetkan 40 persen pelanggan pada tahun 2018.

Dirut PDAM TKR, Rusdi Machmud dalam kegiatan Presstour dan Konferensi Pers,Sabtu (2/12/2017) di Caldera, Sukabumi menjelaskan,untuk mencapai hal tersebut PDAM terus melakukan progres dan tahapan.

Terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat soal air bersih di wilayah Kabupaten Tangerang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR) akan menambah sambungan perpipaan pada 2018 mendatang.

Target 40 persen tersebut sudah di mulai dari tahun 2012 dan untuk saat ini sudah mencapai 27, 3 persen sehingga untuk menempuh target 40 persen di 2018 tinggal 12, 7 persen.

“PDAM TKR sudah melakukan investasi pemasangan jaringan di wilayah Pantura, Tangerang Barat dan Tangerang Selatan dengan jumlah investasi sebesar 210 miliar,” jelasnya.

PDAM TKR telah melakukan sambungan pipa air bersih diantaranya Cabang Teluk Naga yakni Kecamatan Teluk Naga, Kecamatan Kosambi, Dan Kecamatan Pakuhaji sebesar 10 ribu SL, sedangkan untuk di Kecamatan Solear, Kecamatan Cisoka, Kecamatan Balaraja, dan Kecamatan Tigaraksa sebesar 10 ribu, dan untuk Kecamatan Legok dan Kecamatan Curug sebesar 30 ribu SL.

Sementara itu, berdasarkan kemampuan finansial, PDAM TKR membangun penambahan di Teluknaga, pelanggan saat ini 8000, target penambahan pelanggan baru 10.000 lokasi Teluknaga, Kosambi dan Pakuhaji.

“Saat ini sedang ada penambahan kapasitas produksi dengan pembangunan IPA baru 100 liter per detik di Desa Bojongrenged pada November 2016 yang ditargetkan selesai pada Desember 2017 dan beroperasi Agustus 2018,” tuturnya.

Untuk investasi di wilayah Pantura, Kecamatan Kosambi sebesar Rp 60 miliar, Kecamatan Tigaraksa untuk masyarakat wilayah Barat sebesar Rp 60 miliar dan di Kecamatan Cisauk untuk bagian Selatan kiasaran Rp 90 miliar.(zher).