Tangsel Tampilkan Potensi Daerah di Festival Moskow 2017

Tangsel Tampilkan Potensi Daerah di Festival Moskow 2017

KORANTANGERANG.com – Kota Tangerang selatan menjadi satu Kota yang menampilkan potensi daerahnya di Festival Indonesia kedua yang digelar di Hermitage Garden, Moskow, Rusia pada 4-6 Agustus 2017.

Festival Indonesia Moskow 2017 ini tidak hanya sebagai ajang pentas budaya, tetapi juga ada kepentingan ekonomi.

Asisten Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Tangsel, Uus Kusnadi, menjelaskan, Tangsel memanfaatkan event ini untuk mengenalkan potensi daerah yang dimiliki Tangsel, salah satunya dengan membuka stand untuk memasarkan produk makanan dan lainnya.

“Ini tahapan awal untuk penjajakan atau pengenalan produk yang ada di Tangsel kepada masyarakat Moskow, Alhamdulillah masyarakat di Moskow sangat antusias terhadap produk yang disajikan,” ungkapnya.

Uus juga mengatakan untuk produk yang dibawa dari Tangsel diantaranya sambal dan rendang olahan masyarakat Tangsel.

Sementara itu, kasi Promosi dan Usaha Dinas Perindustrian dan Perdagangan,
Tilly Raycitra Widya, menjelaskan, tidak hanya sambal dan rendang olahan, namun hasil produk IKM binaan Disperindag Tangsel, diantaranya kerajinan tangan,rempah-rempah pun dibawa ke Moskow.

“Kita bawa produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan penduduk Rusia yang sudah disampaikan melalui KBRI dan Kementerian Dalam Negeri,” ujar Tilly

Tilly menjelaskan event ini sangat penting, dalam pengenalan produk atau potensi daerah yang ada kepada masyarakat luas.

“Event ini sangat penting karena dengan ini kita dapat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan bagi UKM Tangsel penuhi baik untuk kebutuhan domestik maupun internasional. Dengan mengetahui kebutuhan pasar yang ada maka kita dapat lebih spesifik dalam pembinaan dan pengembangan industri di tangsel dengan harapan meningkatkan perekonomian kota Tangsel,” jelasnya.

Dia berharap, Tangsel mempunyai peran dalam memenuhi kebutuhan penduduk rusia yang tersampaikan melalui sesi bisnis matching antara Disperindag Tangsel dengan beberapa potensial buyer di RUSIA,

“Hasilnya kami menemukan beberapa potensial buyer terhadapat beberapa item yang dapat dipenuhi oleh IKM Tangsel dan selanjutnya Disperindag Tangsel akan mengevaluasi dan menjadikannya sebagai pedoman didalam memberikan pembinaan dan pengembangan IKM di tangsel.” harap Tilly

Sementara salah seorang pelaku IKM Tangsel ,Ilien mengatakan produk yang dibawa yakni rendang NONA, tas KAILEY. “Untuk rendang mendapat sambutan sangat bagus selama pameran berlangsung.Alhamdulilah Varian rendang yang dibawa habis terjual diantaranya rendang suir, rendang paru, rendang telur, dan rendang daging,”imbuhnya

Rasa pedas dan gurih inilah,yang membuat masyarakat Moskow tertarik untuk membelinya. Tidak hanya rendang,sambal bebek Hj Lina juga menjadi incaran pengunjung pameran. Begitu pula dengan craft decoupage (dompet dan kipas) menjadi favorit para pengunjung Rusia. “Tenun dan batik yang paling banyak dicari oleh para pengunjung ini,” jelasnya sambil menjelaskan untuk produk kopi mendapatkan perhatian dari buyer Rusia,semoga lanjut kedepannya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia, M. Wahid Supriyadi mengatakan potensi besar Rusia dapat dimanfaatkan oleh Indonesia, antara lain melalui pelaksanaan Festival Indonesia.

“Tema Festival, yaitu ‘Visit Wonderful Indonesia-Enjoy its Diversity’ difokuskan pada potensi daerah-daerah Indonesia di bidang Pariwisata, Investas dan Perdagangan,” kata M. Wahid Supriyadi yang khusus hadir dalam pertemuan tersebut dari Moskow.

Rangkaian kegiatan FI Moskow 2017 berupa forum bisnis, pameran produk Indonesia, fashion show, kuliner, pertunjukan seni dan budaya, dan layanan informasi tentang Indonesia. Selain itu, direncanakan juga peluncuran Paviliun Indonesia di Food City Moscow sebagai tempat Permanent Display untuk komoditas ekspor industri pangan Indonesia di Rusia.pungkasnya. (mulyadi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.