Surga Tersembunyi Di Serang – Banten

korantangerang.com – Pulau Empat berada di sekitar teluk banten. Pulau kecil dengan hanya seluas kurang lebih 2 Hektar namun menyimpan keindahan alam yang begitu mempesona. Dahulu masyarakat dan para nelayan mengenalnya dengan nama pulau Pamujan Kecil. Tetapi  sekarang kami menamainya dengan pulau Empat karena ada  Pulau Lima yang jaraknya tidak begitu jauh dari pulau Empat. Untuk mencapai pulau kecil nan indah dan eksotis ini kita hanya menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit perjalanan dengan kapal kayu dari dermaga wisata Pulau Empat dan Lima yang berada di Jl. Raya Pelabuhan Pelelangan Ikan Karang Antu Serang.

Dari dermaga wisata ini kita akan menyebrang  menuju Pulau Empat  dengan biaya yang tidak cukup mahal, Dengan keberangkatan minimal 10 Orang atau biaya sewa kapal pulang pergi hanya dikenakan biaya sekitar Rp.500.000.
Sejak kapal mulai bergerak meninggalkan dermaga mata kita disuguhi dengan pemandangan kapal-kapal nelayan yang berjejer disepanjang pelabuhan Karang Antu sampai muara.

Lepas dari muara mata kita akan disuguhi pemandangan yang indah yaitu banyaknya burung bangau di sekitar muara dan mulai membirunya air laut. Bukan hanya birunya air laut saja yang menjadi pemandangan menuju Pulau Empat tapi juga nampak deretan gunung terlihat sangat indah. selama perjalanan menuju Pulau Empat jika beruntung wisatawan akan mendapati sekumpulan lumba-lumba yang berenang-renang disekitar Pulau.
Setelah melalui perjalanan selama 30 menit maka sampailah di dermaga apung pulau empat. turun dari kapal ke dermaga apung, disana terdapat beberapa saung untuk sejenak beristirahat dari lamanya perjalanan diatas laut. Selain saung di dermaga apung ada juga warung kecil dan toilet umum.

PULAU EMPAT.4
Dari dermaga kita menuju pantai karang putih. Disarankan untuk yang akan mengunjungi kawasan ini agar membawa sendal jepit atau sandal yang nyaman.

Dari dermaga apung menuju pantai kita disambut oleh deretan saung dan vila sederhana yang  dapat disewa mulai dari harga Rp. 50.000 untuk saung, Rp. 250.000 untuk vila sederhana , dan Rp. 350.000 untuk vila yang bisa diisi untuk rombongan.

Bukan cuma Saung-saung yang sudah siap menyambut kedatangan kita tapi sepasang ayam kalkun yang jarang kita temuipun menyambut kedatangan wisatawan di dermaga.

Bagi para wisatawan yang hendak menyalurkan hobi, salah satunya adalah memancing. Disana telah disediakan dermaga atau jembatan khusus untuk memancing yang dimana dibawah dermaga tersebut terdapat karang yang indah tempat ikan-ikan bermukim.

Ada beberapa olah raga air seperti snorkeling, banana boat, diving dengan instruktur kawakan yang sudah sangat professional. Dan semua fasilitas olahraga disana telah memiliki pemandu dan instruktur handal.

Agar mendapatkan pemandangan alam yang sempurna, anda harus bermalam di pulau ini.

PULAU EMPAT.2