Sosok Foto Selfie Pertama di Dunia

Sosok Foto Selfie Pertama di Dunia
Posted by:

korantangerang.com – Di era masa kini, selfie seolah jadi kebutuhan hidup. Ke manapun pergi, asal ada HP atau gadget kamera, kamu pasti mau selfie.

Selfie atau memotret diri sendiri memang sedang ngetren seiring popularitas smartphone. Tentu saja sudah sejak dulu foto jenis selfie eksis. Malah menurut penelitian sejarah, foto selfie pertama di dunia dilakukan lebih dari satu abad silam.

Selfie memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat masa kini (kekinian), dari yang masih belia hingga sudah tua sekalipun mereka sudah terbiasa melakukan selfie.

Menurut catatan sejarah, foto selfie sudah ada sejak 1839, yaitu era di mana fotografi pertama kali ditemukan. Lantas, siapakah yang orang pertama melakukan fenomena foto selfie?

Selfie pertama dilakukan oleh pria bernama Robert Cornelius. Robert adalah pria asal Amerika Serikat yang termasuk sosok pionir di bidang fotografi.

Sekira Oktober 1839 pada usia 30 tahun, Cornelius pertama kali mengambil gambar potret dirinya, melakukan foto selfie di dalam toko pengrajin perak milik keluarganya di kota Philadelphia AS.

Karena masih rumitnya proses fotografi kala itu, Cornelius perlu waktu 3 sampai 15 menit dalam posisi diam agar kamera menangkap gambar dengan baik.

Hasil foto yang dihasilkan adalah potret di tengah gambar (offcenter) dengan tangan disilangkan, gaya potongan rambut miring dan kusut. Ini merupakan hasil jepretan dari Cornelius yang diketahui potret fotografi manusia tertua di AS.

Kemudian setelah Cornelius mencetak foto selfie pertamanya itu, ia menuliskan kutipan ‘the first light picture ever taken: 1839’ yang artinya ‘gambar cahaya pertama yang pernah diambil’.

Kemudian Cornelius mulai mengoperasikan dua studio fotogarfi pertama di AS antara 1841 dan 1843, sebagai cikal bakal mulai berkembangnya popularitas fotografi dan kini menjadi fotografer ketika membuka studio.

Robert Cornelius dilahirkan pada 1 Maret 1809 di Philadelphia, Pennyslvania U.S, dan meninggal pada 10 Agustus 1893 dalam usia 84 tahun di Frankford, Philadelphia, Pennyslvania U.S

Dengan aksinya tersebut, jadilah Robert menjepret foto dirinya sendiri yang disebut-sebut sebagai selfie pertama di dunia.@Dewi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.