Sopir Bus Terminal Poris Plawad Dites Urine

korantangerang.com – Puluhan sopir bus di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, menjalani tes urine, Kamis (30/6/2016). Pemeriksaan ini dalam rangka mengantisipasi mudik lebaran 2016.

Pemeriksaan urine ini diikuti 55 sopir bus yang beroperasi di Terminal Poris Plawad. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas gabungan dari Unit Sat Narkoba dan Lalu Lintas Polres Metro Tangerang Kota, Dinas Kesehatan dan UPTD Termibal Poris Plawad.

Mereka didata identitas diri, nama perusahaan bus dan nomor polisi bus yg mereka kendarai. Kemudian para sopir memberikan sampel urinenya di dalam botol steril kepada petugas untuk diperiksa.

“Hasil ters urine keluar 5 sampai 10 menit pemeriksaan. Lalu langsung kita umumkan kepad sopir,” jelas Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota AKBP Jonter Banuarea.

Menurut Jonter, tes urine ini untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang selama arus mudik dan balik lebaran 2016. Jika ditemukan ada sopir yang positif menggunakan narkoba, pihaknya akan lakukan pembinaan.

“Kita lakukan upaya prefentif. Ini salah satu upaya pencegahan dan penyuluhan untuk memberantas narkoba,” jelasnya.

Meski tidak diproses hukum, sopir tersebut tidak diperbolehkan mengendarai bus selama belum steril dari narkoba. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Sopir yang dalam pengaruh narkoba kondisi tubuhnya tidak normal, diluar kendali dan lebih agresif. Jadi bukan hanya membahayakan nyawa nya tapi juga penumpang,” tukasnya.

Kepala UPTD Terminal Poris Plawad Endang Romza mengatakan, pihaknya mendukung tes urine sebagai bentuk pencegahan potensi kecelakaan dan keselamatan para pemudik. Pihaknya pun turut memfasilitasi kegiatan tersebut.

“Kita sudah sosialisasikan, semua sopir harus ikut tes urine, kalau tidak bus mereka tidak bisa berangkat,” tukasnya. @ADVERTORIAL/HMS