SoftBank-Honda Ciptakan Teknologi Mobil Berkomunikasi?

korantangerang.com – SoftBank perusahaan yang baru-baru ini membeli ARM, dikabarkan bekerja sama dengan Honda dalam menciptakan mobil yang dapat berkomunikasi. Dengan bantuan sensor dan kamera yang dipasangkan, mobil akan mampu mendeteksi mood pengendaranya.

Hal itu diungkapkan oleh Founder SoftBank Masayoshi Son di acara yang digelar di Tokyo. Ia mengatakan bahwa ke depannya mobil akan menjadi superkomputer dan berencana untuk mewujudkannya suatu saat nanti.

“Bayangkan jika robot dengan kecerdasan supernya mampu mencurahkan (pikirannya) kepada manusia. Bayangkan pula jika mobil akan menjadi superkomputer atau robot di suatu hari nanti. Honda akan menjadi yang pertama untuk mengadopsi teknologi ini,” ujar Masayoshi Son, sebagaimana dilaporkan The Verge, Jumat (22/7/2016).

Selain dapat mengenali kondisi mood dan berkomunikasi, mobil buatan Softbank dan Honda ini kabarnya juga mampu mengawal untuk parkir dan menemani di saat melakukan perjalanan jauh. Son mengatakan, robot Pepper buatannya akan memiliki peran besar dalam menghadirkan fitur pembaca mood manusia ini.

Sebelumnya pada awal tahun ini, SoftBank mengatakan bahwa robot tersebut telah memiliki versi terbaru yang ditenagai oleh teknologi superkomputer Watson milik IBM. Meski timbul kekhawatiran akan adanya invasi robot di kehidupan manusia, namun Pepper memiliki fungsi sederhana seperti memesan piza.

Belum diketahui keseriusan dari proyek teknologi mobil ini untuk dapat direalisasikan. Namun perlu diingat, SoftBank dan Honda bukanlah yang pertama kali menggagas mobil pembaca pikiran. Sebelumnya Toyota juga telah memperkenalkan FV2.

Dengan teknologi tersebut mobil Toyota mampu mengenali suara dan ekspesi wajah dari pengemudinya. Produsen lainnya yang juga berencana menghadirkan teknologi robotik di mobilnya adalah Bentley dan Nissan. Keduanya sama-sama berfokus di pengenalan ekspresi wajah pengendara. @DF