Smart City Menarik Daerah Lain Untuk Adopsi

Smart City Menarik Daerah Lain Untuk Adopsi

Korantangerang.com – Keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam mengembangkan berbagai aplikasi yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, telah menarik minat puluhan daerah dan instansi lain untuk mengadopsi dan belajar di Kota Akhlakul Karimah.

Seperti Kabupaten Purworejo yang secara terang-terangan sangat kagum terhadap pengembangan Smart City di Kota Tangerang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo yang diwakili langsung oleh Bupati H. Agus Bastian SE, MM, menyatakan ketertarikannya untuk menerapkan apa yang sudah dikembangkan oleh Pemkot Tangerang dalam peningkatan pelayanan publik berbasis aplikasi.

“Pegawai kita sangat tidak mencukupi karena kita tidak diperkenankan untuk merekrut. Sistem ini saya rasa sangat pas dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan,” ujar Agus Bastian.

“Kami ingin belajar dan mengadopsi apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot yang kami nilai sangat sesuai dengan pengembangan itu di kota kami. Saya berharap kedepan saya bisa melakukan apa yang telah dilakukan oleh Pemkot Tangerang,” terangnya.

Ditanya soal alasan memilih Kota Tangerang untuk dijadikan benchmarking penerapan smart city, Agus Bastian menjelaskan bahwa pemkot Tangerang punya aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan di Purworejo.

“Kita sudah pernah mengunjungi beberapa kota yang sudah menerapkan Smart City, tapi saya merasa program yang dipunya Pemkot Tangerang ini lebih cocok dengan kondisi kota kami,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pendatanganan nota kesepahaman antara Pemkot Tangerang dengan Pemkab Purworejo terkait penggunaan aplikasi E-office, Laksa, Siap, PPDB Online, E-Plesiran dan juga Sikda.

Wali Kota Arief R. Wismansyah yang hadir menegaskan bahwa Pemkot Tangerang siap berbagi dengan pihak manapun terkait penerapan smart city di Kota.

“Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh pemkab Purworejo untuk mensejahterakan masyarakatnya,” terang Wali Kota seusai acara.

“Dan sekarang semangat antar daerah bukan bersaing tapi bersinergi agar Indonesia bisa semakin maju,” tegas Wali Kota.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Syamsul Bahri menjelaskan bahwa Purworejo merupakan Pemda ke 27 yang telah mengadopsi aplikasi milik pemkot Tangerang.

“Sampai sekarang ada sekitar 31 instansi yang telah melakukan kerjasama, termasuk pemprov Banten, Polres Metro Tangerang, BPJS Kota Tangerang, dan Komisi Perlindungan Anak,” jelasnya.(zher).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.