Sinergi Ciptakan Hubungan Industrial Yang Kondusif

Korantangerang.com – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan menggelar silaturahmi melalui dialog bersama para perwakilan serikat pekerja, pengusaha, dan Polrestro Tangerang untuk memecahkan masalah-masalah bersama dalam bidang ketenagakerjaan, yang digelar di Telaga Seafood Modernland, Kota Tangerang, Senin (11/12/2017).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan,Rakhmansyah,Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tangerang, Ismail, Ketua K-SPSI Banten, Dedi Sudrajat, Wakapolrestro Tangerang Kota, AKBP Harley H. Silalahi S.IK., M.Si dan seluruh perwakilan serikat pekerja di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmansyah menyampaikan kegiatan ini rutin diadakan Disnaker Kota Tangerang untuk menjalin silaturahmi dengan serikat pekerja dan pengusaha sehingga kondusitifitas di Kota Tangerang ini terus terjaga selama ini.

Pada dasarnya segala permasalahan itu ada solusinya jika kita semua mau duduk bareng dan menyelesaikannya dengan musyawarah. Segala masukan serta saran dapat disalurkan dengan baik. Seperti halnya melalui dialog pada hari ini. 
 
“Kita ingin semua masyarakatnya hidup aman dan sejahtera,” tuturnya.
 
Melalui dialog ini, kita ingin semakin terbangun komunikasi dan partisipasi antara Pemkot, pekerja, serta stakeholder lainnya untuk saling bahu membahu menata yang memang masih perlu diperbaiki, sehingga diharapkan setiap pelaksanaan kegiatan apapun bisa berjalan dengan baik dan kondusif.
 
Dengan cara sederhana, berdialog bersama dengan suasana santai dengan makan bareng dan ngobro santai , mereka diberikan kesempatan untuk langsung bertanya kepada pihak terkait yang turut dihadirkan dalam silaturahmi ini dan memberikan masukan maupun keluhan untuk bersama sama mencari solusinya.
 
“Oleh karena itu, para pekerja pun diharapkan turut berpartisipasi dalam menciptakan kondusifitas kota. Diantaranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif.”harap Rakhmansyah.

Hubungan industrial yang kondusif antara pengusaha dan pekerja menjadi kunci utama untuk menghindari terjadinya PHK, meningkatkan kesejahteraan pekerja dan meningkatkan produktivitas kerja.

Selama ini, kata Rakhmansyah Pemkot Tangerang terus berupaya melakukan berbagai langkah untuk mempererat jalinan hubungan silaturahmi yang baik dengan pengusaha mapun pekerja untuk penguatan dan menciptakan hubungan industrial yang harmonis.

Menurut Rakhmansyah selama ini pemerintah berupaya mengakomodasi aspirasi, tuntutan dan usulan pekerja termasuk juga masukan dan saran dari kalangan pengusaha.

Pada dasarnya ada sejumlah kebijakan yang sedang diproses yang sudah berjalan maupun sedang diproses oleh pemkot Tangerang untuk mempercepat upaya meningkatkan kesejahteraan para pekerja. Soal upah secara prinsip pemerintah ingin bahwa upah buruh itu bisa naik setiap tahun, tinggal formula kenaikannya saja yang tengah dibahas.

“Ini yang sekarang kita godok dengan seluruh stake holder hubungan industrial untuk memastikan agar ada kenaikan upah setiap tahun tapi itupun disesusaikan sehingga dunia usaha juga tidak terganggu “ kata Rakhmansyah.

Selain itu kata Rakhmansyah , akses buruh terhadap kebutuhan dasarnya terus ditingkatkan oleh pemerintah. Akses terhadap pendidikan , akses terhadap kesehatan yang lebih baik dan juga jaminan sosial. (zher)).