Sering Lihat Cairan Merah pada Steak? Itu Bukan Darah

Sering Lihat Cairan Merah pada Steak? Itu Bukan Darah
Posted by:

steakMakanan western sudah memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Restoran-restoran pun sudah banyak yang menyediakan makanan western sebagai menu utama.

Namun tanpa bisa dipungkiri kebiasaan di Indonesia tidak bisa menerima beberapa hal yang sesuai dengan hidangan makanan tersebut. Contohnya permasalahan cairan merah yang muncul dari steak yang kurang matang.

Kebanyakan orang percaya bahwa steak yang dimasak di bawah Well Done (matang) masih memilki darah yang keluar dari daging. Sehingga membuat makanan tersebut tidak halal bagi kaum muslim. Namun persepsi tersebut sebenarnya salah.

Cairan merah kelaur dari steak yang dimasak medium kebawah bukanlah darah, tapi saripati daging berasal dari cairan otot yang tersimpan.

“Warnanya merah karena mengandung mioglobin,” ujar pakar nutrisi, Emelia Achmadi saat beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan bahwa justru cairan tersebut yang menyimpan cita rasa daging dan membuat nikmat dikonsumsi. Karena steak dimasak medium masih memiliki juicy dan bertekstur lebih empuk. Sedangkan steak yang dimasak Well Done akan merubah daging menjadi keras, kering, dan tidak memiliki rasa.

sumber : republika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.