Semangat Adiwiyat Harus Dijadikan Gerakan Bersama Warga Lingkungan Sekolah.

Korantangerang.com – Puluhan sekolah di Kota Tangerang menjadi sekolah Adiwiyata dengan tingkat kemandirian yang haqiqi dan real Tercatat, dari 24 sekolah yakni 5 sekolah Adiwiyata mandiri dan 19 sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Banten.

Lima sekolah yang telah mendapat Adiwiyata mandiri yakni, SDN Gondrong 4, SDN Sangiang Jaya, SDN Total Persada, SDN 15 Tangerang, dan SMPN 5 Kota Tangerang.

Sementara, 19 sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten adalah SMPN 2, SMPN 18, SMP Islamic Center, SDN Batu Ceper 1, SDN Ahmad Yani, SDN Tangerang 14, SDN Keroncong 1, SDN Petir 4, SDN Bayur, SDN Batu Jaya, SDN Gembor 6, SDN Pinang 7, SDN Pinang 1, SDN Cikokol 1, SDN Cikokol 2, SDN Pondok Makmur, SDN Tangerang 4, SDN Cikokol 3, dan SDN Priuk Jaya Permai Kota Tangerang.

“Insya Alloh Sekitar 30 % lagi, Sekolah Adiwiyata bisa kita tuntaskan di tahun ini juga, ” ujar Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Nana Supiana, baru-baru ini.

Diharapkan, semangat Adiwiyata menjadi Gerakan bersama warga lingkungan sekolah di Kota seribu jasa ini jelas Nana.S .

” Melalui pembinaan ini diharapkan dapat menjadi gerakan terstruktur, massif, dan systematis, sesuai komitment bersama Pak Walikota Tangerang dan Dinas Pendidikan serta Warga Sekolah, ” tandasnya.

Tekad menjadikan SDN Se-Kota Tangerang Tahun 2017  menjadi Sekolah Adiwiyata, telah digulirkan sejak Oktober lalu.

Hal tersebut merupakan komitment bersama saat acara Pembinaan Warga Sekolah dalam Implementasi Sekolah Adiwiyata Tingkat Sekolah Dasar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman menegaskan bahwa seluruh element masyarakat Kota tangerang dan semua pihak serta warga Sekolah diharapkan juga memiliki sens of billonging dan sens of responsibility.
Karena kebersihan dan keindahan lingkungan Sekolah merupakan tanggungjawab bersama warga Sekolah.Oleh karena itu, prestasi dan predikat hanyalah akibat dari rasa memiliki dan kepedulian warga Sekolah, ” ucapnya. 

Untuk menguatkan tekad mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan, direncanakan akan diadakan Deklarasi Sekolah Adiwiyata di Lapangan Ahmad Yani, pada Senin (18/12/17).

Dinas Pendidikan Kota Tangerang tidak sendirian dalam pembinaan sekolah Adiwiyata ini.Bersama
Dinas Lingkungan (DLH) Kota Tengarang juga sangat berperan ikut mendorong agar seluruh sekolah yang ada di Kota ini bisa menjadi sekolah Adiwiyata ujar Kadindik Kota tangerang.

Ia berharap,  pencapaian Adiwiyata tidak hanya sekedar penghargaan yang diraihn,akan tetapi dapat menciptakan kebiasaan kebersihan lingkungan pada peserta didik.”Mudah-mudahan ini semua akan menciptakan kegiatan cinta akan lingkungan, dan cinta kebersihan,” tutur Abduh, dalam satu kesempatan, beberapa waktu lalu. (tn/zer)