Selama Tahun 2016, 14.109 PMKS DIjangkau

Selama Tahun 2016, 14.109 PMKS DIjangkau

KORANTANGERANG.com – Mulai dari Januari hingga Desember akhir 2016 ini, Dinas Sosial DKI Jakarta berhasil melakukan penjangkauan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial sebanyak 14.109 orang.

Jumlah sebanyak itu dikarenakan tingginya kesadaran masyarakat untuk melaporkan setiap keberadaan PMKS. Melalui aplikasi Qlue dan media sosial, laporan-laporan itu ditindaklanjuti oleh Petugas P3S.

“Peningkatan jumlah PMKS itu dalam konteks peningkatan kualitas penjangakuan. Respon Qlue dan laporan masyarakat melalui media sosial segera ditindaklanjuti petugas,” kata
Masrokhan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta saat melakukan Apel bersama Satgas P3S dan Satpol PP, Kamis (29/12).

Dibandingkan tahun lalu, ada peningkatan jumlah laporan warga. Kesadaran masyarakat meningkat untuk melapor.

“Petugas kami juga melakukan penjangkauan dan penjagaan di 48 titik pada siang dan malam,” tandas Masrokhan.

Namun belakangan ini, dampak penjagaan itu mengakibatkan bergesernya PMKS jalanan ke tempat ibadah, Jembatan Penyeberangan Orang, Tempat Pemakaman Umum, pasar tradisional dan tempat umum lainnya.

“Kami perlu melakukan patroli secara terus-menerus dan konsisten serta sistemable ke daerah-daerah itu,” terang Masrokhan.

Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan di daerah yang menjadi titik-titik tempat bergesernya PMKS itu. Total ada 276 titik yang berada di Zona II. Pada tahun 2017 nanti akan dilakukan percepatan penanganan PMKS di daerah tersebut.

Dalam melakukan penjangkauan, pihaknya bekerjasama dengan Satpol PP. Karena mereka dianggap penting sebagai mitra yang memiliki langkah dan pandangan yang sama.

“Kami mengajak kepada warga DKI untuk tidak memberi kepada PMKS di jalanan. Jika melihat mereka bisa melaporkannya melalui aplikasi Qlue atau media sosial milik Dinsos DKI,” kata Masrokhan. @AANG

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.