Selain Rokok, 5 Hal Ini Ancam Kesehatan Paru-Paru

  • korantangerang.com – Secara tidak disadari, ternyata ada beberapa hal kecil yang membuat pernapasan Anda terganggu. Bukan hanya asap rokok, beberapa perabot rumah tangga dan kegiatan kecil lainnya bisa berdampak buruk pada kesehatan paru-paru.

    Berikut ini 5 hal yang dapat merusak perlahan kesehatan paru-paru Anda, dikutip dari Boldsky, Kamis (18/8/2016).

    Cairan pemutih

    Cairan ini mengandung klorin atau amonia untuk membersihkan kotoran di kamar mandi. Ternyata pengguanaannya dapat mempengaruhi kesehatan sel paru-paru jika terhirup begitu saja, serta menyebabkan asma.

    Karpet

    Karpet tebal yang mewah menjadi sarang mikroba dan partikel debu di dalamnya. Jika rak sering dibersihkan, partikel ini bisa saja masuk ke dalam saluran napas dan terjadi risiko gangguan pernapasan.

    Perabot kayu tua

    Perabot kayu tua dengan banyak detail ukiran menjadi sarang debu. Hal ini memudahkan orang terkena alergi debu, penyakit pernapasan, hingga kerusakan paru-paru.

    Penyedot debu

    Ternyata sebu yang terkumpul dalam mesin ini dapat masuk ke saluran napas saat Anda membersihkannya. Jangan lupa untuk memakai masker, sehingga meminimalkan risiko penyakit saluran napas.

    Cat

    Cat mengandung bahan kimia tingkat tinggi yang beracun dan mengandung karsinogen. Jika Anda mengecat rumah terlalu sering, lebih mudah terkena gangguan pernapasan. @DF