Sekda Buka Sosialisasi Pemutakhiran Basis Data Terpadu

Sekda Buka Sosialisasi Pemutakhiran Basis Data Terpadu
Posted by:

dPemerintah Provinsi Banten menyambut baik rencana Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melaksanakan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015 yang merupakan kegiatan pemutakhiran data Program Pendataan Perlindungan Sosial (PPLS) 2011. Data PPLS 2011 yang ada sekarang dirasa sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi masyarakat Banten saat ini.

Dengan pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) 2015 menjadi era baru dimulainya pembangunan berdasarkan basis data terpadu,satu data untuk semua yang digunakan untuk seluruh program khusunya percepatan penanggulangan kemiskinan, sehingga dapat memberikan manfaat dalam upaya mewujudkan rakyat kesejahteraan masyarakat,tegas Sekretaris Daerah (Sekda) Kurdi Matin saat membuka sosialisasi PBDT 2015 di pendopo KP3B,Selasa,12/05.

Sekda mengatakan bahwa Hasil PBDT 2015 ini diharapkan dapat menyediakan data yang sesuai dengan kondisi masyarakat yang kurang mampu (miskin) sehingga dapat mendukung perencanaan program pengentasan kemiskinan di Indonesia dan khususnya di Provinsi Banten.

Dengan dilibatkannya masyarakat dan aparat Pemda dalam kegiatan ini, tidak ada lagi yang menyatakan data ini sebagai data BPS. Tetapi data ini menjadi milik kita bersama, Basis Data Terpadu Provinsi Banten,Ucap Sekda.

Untuk itu kata sekda, mengingat pentingnya kegiatan PBDT 2015, Sekda menyampaikan harapan kepada pihak terkait untuk berupaya menghasilkan data yang berkualitas, yaitu BDT yang mampu menggambarkan kondisi rumah tangga sasaran yang layak untuk dibantu, sehingga polemik di masyarakat dapat dihindari. Saya meminta seluruh aparat pemerintah daerah untuk berkoordinasi dengan aparat keamanan dalam rangka mendukung kelancaran kegiatan ini, ujarnya .

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik Syech Suhaimi mengatakan maksud diselenggarakannya sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) 2015 adalah untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah daerah khususnya kepada tim koordinasi penanggulangan kemiskinan (TKPK) provinsi banten tentang mekanisme lapangan pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) 2015.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan kata Suhaimi, kegiatan sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) 2015 adalah agar pemerintah daerah dari tingkat provinsi sampai tingkat desa dapat partisipasi aktif dan memberikan dukungan terhadap kesuksesan kegiatan ini. Basis data terpadu yang dihasilkan akan dimanfaatkan sebagai data sasaran bagi program-program pengentasan kemiskinan di provinsi banten.

Peserta sosialisasi sebanyak 60 orang, yang dihadiri oleh anggota tim koordinasi penanggulangan kemiskinan provinsi banten, akademisi,, Pwi Banten dan kepala BPS kabupaten/kota se Provinsi Banten.(Adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.