Santriwati Pesantren Darul Lughah Ngaji dan Praktik Jurnalistik

Santriwati Pesantren Darul Lughah Ngaji dan Praktik Jurnalistik

Puluhan santriwati Pondok Pesantren Darul Lughah wal Karomah di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo mendapatkan pendidikan jurnalistik, Kamis (27/4) siang. Pendidikan di ruang serbaguna pesantren setempat ini hanya diikuti oleh santriwati yang ditunjuk oleh pesantren.

Peserta dipersiapkan sebagai garda terdepan dalam pengelola informasi dan juru dakwah bil IT (Informasi Teknologi).

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Lughah wal Karomah Hasan Baharun mengatakan, pendidikan jurnalistik bagi santri ini bertujuan untuk mencetak santri yang memiliki kompetensi di bidang jurnalistik dan juru dakwah melalui IT.

“Harapannya santri bisa menjadi penyeimbang informasi yang akurat dan benar di beberapa media sosial (medsos),” katanya.

Menurut Hasan, sudah saatnya santri Darul Lughah wal Karomah melek teknologi dengan cara menyampaikan informasi yang benar dan tepat di tengah maraknya berita-berita hoax.

Dalam kegiatan ini, santri dilatih untuk menulis sebuah berita yang langsung diposting di website pesantren dengan laman www.ppdarullughahwalkaromah.net. “Sehingga apa yang dilakukan di lingkungan pesantren bisa diketahui secara luas,” tegasnya.

Hadir sebagai pemateri Nurahman. Menurutnya, santri harus melek internet dan harus mampu melawan arus informasi dan berita yang simpang siur (hoax).

“Untuk menyaingi itu semua, maka santri harus dibekali dengan IT. Berdakwah melalui IT dan mengcounter informasi dengan IT,” katanya. @sinta

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.