Sailfish, OS Made In Rusia yang Siap Saingi Android dan iOs

Sailfish, OS Made In Rusia yang Siap Saingi Android dan iOs
Posted by:

sailfishRusia tidak mau kalah dalam urusan teknologi informasi. Dalam waktu dekat Negeri Beruang Merah itu berencana untuk mengembangkan platform untuk  mobile device, seperti smartphone, gadget, dan tablet.

Sebagaimana dilaporkan media asal Finlandia, Jolla, pemerintah Rusia akan mengembangkan platform atau sistem operasi tersendiri yang diberi nama Sailfish.

Platform atau operation system (OS) tersebut dikembangkan untuk menekan ketergantungan pada platform yang beredar. Sebut saja penguasa Google, Android, dan iOS yang dikembangkan oleh Apple. Belum lagi platform BlackBerry dan WindowsPhone yang juga cukup banyak.

Menteri Komunikasi Rusia Nikolai Nikiforov kepada Jolla mengatakan bahwa pemerintah mendorong indsutri lokal untuk mengembangkan aplikasi lokal sekaligus menyediakan jasa produksi tanah air.

Pemerintah juga akan memberikan pengawasan pada pengembangan aplikasi lokal tersebut. Termasuk mencegah masuknya produk-produk asing ke Rusia.

Salah satu tujuannya adalah menekan agar peredaran Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone tidak lebih dari 50 persen.

Belum ada penjelasan tentang kapan Rusia akan mengembangkan produk teknologi informasi itu. Semoga, industri teknologi di Indonesia ikut bangkit.

sumber : jpnn

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.