Sabilul Alif : “Proaktif Policing Bisa Membangun Jejaring Di Masyarakat”

Sabilul Alif : “Proaktif Policing Bisa Membangun Jejaring Di Masyarakat”

Kapolresta Tangerang AKBP H.M. Sabilul Alif melaksanakan kunjungan kerja ke Mako Polsek Pasarkemis, Sabtu (7/10/17).

Dalam kunjungan kerja itu,Kapolres bertatap muka dengan unsur muspika Kecamatan Pasarkemis dan Kecamatan Sindang Jaya tokoh masyarakat, pemuka agama, dan unsur masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres menjelaskan, Polsek Pasarkemis memiliki cakupan wilayah hukum yang luas meliputi 2 kecamatan yaitu Kecamatan Pasarkemis dan Kecamatan Sindang Jaya.

Selain itu, kata Kapolres, populasi penduduk di wilayah hukum Polsek Pasarkemis juga terhitung padat. Sehingga jumlah personil dan masayarakat dinilai belum ideal.

“Berdasarkan paparan Kapolsek Pasarkemis (Kompol Kosasih-red) dan tokoh masyarakat, jumlah personil Polsek Pasarkemis dan masyarakat belum ideal atau belum proporsional,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres, organisasi mana pun terlebih organisasi profesional, sejatinya akan selalu kekurangan personil. Hal itu, kata Kapolres, dikarenakan semakin kompleksnya kemajuan zaman dan kian rumitnya dinamika sosial.

“Namun yang perlu disampaikan adalah bahwa hal itu bukanlah alasan untuk permisif terhadap tindak kejahatan. Atau memberikan label justifikasi pada gangguan keamanan,” ujar Kapolres.

Dikatakan Kapolres, sekurang apa pun jumlah personil kepolisian, harus tetap bertanggung jawab memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Polisi dengan segala tantangannya, tetap harus memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat,” terang Kapolres.

Kapolres memaparkan, kurangnya jumlah personil bisa disiasati dengan konsep proaktif policing. Kapolres berujar, optimalkan jumlah personil yang ada untuk membangun kemitraan dengan TNI, pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas, kalangan pendidikan/pesantren, serta elemen masyarakat lainnya.

“Pola komunikasi yang proaktif dengan sendirinya akan mengikutsertakan unsur masyarakat dalam memelihara kamtibmas. Sebab, apalah gunanya banyak personil bila hanya pasif dan membuat jarak dengan masyarakat. Proaktif policing adalah langkah tepat guna membangun jejaring yang kuat di masyarakat,” ungkap Kapolres.

Kapolsek Pasarkemis Kompol Kosasih mengaku siap menjalankan segala arahan Kapolresta Tangerang. Kurangnya personil, kata Kapolsek, akan disiasati dengan membangun komunikasi dan koordinasi dengan masyarakat sesuai arahan Kapolres.

“Pak Kapolres sudah memberikan arahan terkait hal itu. Dan kami siap melaksanakannnya. Kami siap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya di wilayah hukum Polsek Pasarkemis,” ujar Kapolsek mengakhiri (Mulyadi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.