RW 02 Cikoneng Ilir Kelurahan Gandasari Juara 2 Kampung PHBS tingkat Kota Tangerang

RW 02 Cikoneng Ilir Kelurahan Gandasari Juara 2 Kampung PHBS tingkat Kota Tangerang

Korantangerang.com – Keberadaan Kampung Sehat atau Kampung PHBS diharapkan oleh Pemkot Tangerng agar masyarakat mempunyai sumber daya, kemauan dan kemampuan secara mandiri untuk mencegah dan mengatasi persoalan-persoalan kesehatan.

Untuk mewujudkan hal itu, tak hanya semata didukung dengan komitmen kuat yang diimplementasikan melalui program-program pembangunan. Akan tetapi juga dengan partisipasi aktif dari masyarakat. Sebuah lingkungan yang sehat akan terwujud jika kesadaran itu tumbuh dan diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari serta terjalinnya sinergitas dan saling mendukung satu sama lain.

Banyak program kreatif masyarakat dalam Kampung PHBS diantaranya, keberadaan tempat sampah di setiap sudut rumah, kebun-kebun mini yang terus dirawat, penghijauan di setiap pekarangan rumah, janan dan dinding lingkungan yang dicat warna-warni. Termasuk bank sampah yang pengelolaannya dilakukan secara mandiri dan profesional oleh masyarakat.

Seperti di Kelurahan Gandasari,Kecamatan Jatiuwung Kora Tangerang yang berhasil menjadi juara ke 2 lomba Kampung PHBS tingkat Kota Tangerang yang diraih oleh RW 02 Kampung Cikoneng Ilir,Kelurahan Gandasari. Dengan kerja keras warga yang bekerjasama mengadakan kerja bakti menanam pohon, membersihkan saluran air,membersihkan jalan lingkungan dan halaman rumah masing .

Lurah Gandasari, Edih S. Sos sangat bangga dan senang dengan usaha keras warganya yang telah menerapkan PHBS dilingkungannya,sehingga akhirnya menjadi sebuah lingkungan yang bersih, indah,sehat dan berhasil menjadi juara ke 2 Kampung PHBS tingkat Kota Tangerang. Disamping membuat lingkungannya menjadi asri dan indah juga menjadikan warganya sehat dan jauh dari segala penyakit.

“Dengan modal semangat kebersamaan antara warga masyarakat bersama aparatur pemerintahan, alhamdulilah kampung yang tadinya kumuh sekarang menjadi bersih dan sehat” kata Edih.

Sementara itu, Ketua RW 02 Cikoneng Ilir, Dedy Wijaya menjelaskan bahwa diwilayah RWnya terdiri dari 10 RT yang awalnya sangat kotor dan kumuh tetapi perlahan dengan semangat kebersamaan antara warga dan aparat kelurahan,bekerja sama saling bahu membahu membersihkan saluran air, jalan lingkungan dan melakukan penghijauan akhirnya menjadi lingkungan yang bersih ,indah dan sehat.

“Mudah – mudahan prestasi yang diraih oleh RW 02 Cikoneng ini bisa dipertahankan dan akan kami perbaiki lagi kedepannya agar lebih bersih, indah dan hidup sehat ” pungkas Dedy. (zher).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.