Rilis Pembekalan Kada

Rilis Pembekalan Kada
korantangerang.com – Gubernur Lampung M Ridho Ficardo meminta Pemerintah Kabupaten/Kota mampu mengendalikan alokasi anggaran untuk program prioritas, mampu menjawab permasalahan, dengan target dan sasaran yang jelas. Sehingga memberi dampak berganda dengan cakupan yang lebih luas.
“Pencapaian sasaran pembangunan yang ditujukan untuk mengurangi pengangguran, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, dan lainnya. Selain itu dapat menjadi perekat bersama antarjenjang pemerintahan untuk bersinergi. Yakni melalui keselarasan kebijakan, penguatan kelembagaan, penganggaran, penetapan mata program dan kegiatan,” ujar Gubernur.
Hal tersebut diinformasikan Karo Humas dan Protokol Bayana disampaikan,  Rabu (13/4) ketika membuka Pembekalan bagi Kepala Daerah di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung.
Lebih lanjut Gubernur meminta Bupati /Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota untuk melaksanakan berbagai aspek pemerintahan. Yaitu pertama, penguasaan data dan indikator utama pembangunan, sehingga target pembangunan dapat dirumuskan secara jelas dan terukur. Kedua penguasaan wilayah dan potensi yang ada, termasuk permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.  ketiga, penataan personil & asset,  peningkatan pelaksanaan disiplin pegawai dan lakukan pembinaan secara berjenjang. “Lakukan pendataan kembali aset milik pemerintah daerah serta optimalkan  pemanfaatan aset, ujar Gubernur.
Gubernur juga meminta Kepala Daerah mempercepat realisasi anggaran, pengadaan barang dan jasa terutama belanja modal untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi di masyarakat. Selain itu Kepala Daerah juga harus meningkatkan koordinasi dan perkuat kapasitas aparat kelurahan dan desa, sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat, serta mempercepat inventarisasi P3D. Yakni berupa Personil, prasarana dan sarana, pembiayaan, serta dokumentasi.sudah tuntas dilaksanakan.
” Hal lain yang perlu menjadi perhatian kita bersama antara lain adalah pembangunan Infrastruktur Wilayah, Pengembangan Ekonomi Wilayah, Upaya Penanggulangan Kemiskinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,” tambah Gubernur.
“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI, dalam hal penentuan program prioritas, saat ini diperlukan re- orientasi dalam hal alokasi anggaran. Kebijakan anggaran belanja yang didasarkan pada “money follow function” perlu dipertajam menjadi “money follow program priority, “.
Dijelaskan Kabag Humas Heriyansyah, pembekalan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman Bupati/Walikota hasil Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2015, dan telah dilantik pada tanggal 17 Februari 2016 yang lalu mengenai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, serta issue strategis untuk sinergi pembangunan di Provinsi Lampung.
Gubernur mengajak kepada para Kepala Daerah untuk merangkul semua elemen masyarakat bersama membangun daerah. “Kini saatnya para Kepala Daerah bekerja menunjukan kinerja kepada rakyat yang telah memberikan amanah. “Bangun kepercayaan, dengan begitu rakyat akan mendukung semua program sesuai visi misi Kepala Daerah”, ujar Kabag Humas. (Rls)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.