Retribusi Sampah DKP Kota Tangerang Diduga Tidak Sesuai Perda

Retribusi Sampah DKP Kota Tangerang Diduga Tidak Sesuai Perda

Korantangerang.com – Warga Kelurahan Gebang Raya Kecamatan Periuk,  Kota Tangerang, mengeluhkan besarnya pungutan retribusi sampah yang mencapai Rp.1.100.000 setiap Rukun Warga (RW) perbulannya.Hal Ini tentunya sangat memberatkan warga.

Jesman salah seorang warga RT003 /RW 019,  mengatakan besarnya pungutan tersebut sangat memberatkan karena selama ini pembayaran/iuran perbulannya telah dipungut oleh bendahara RT, sebesar Rp100.000 pe bulan.

“Ini tidak jadi masalah,tapi yang menjadi persoalan adalah pungutan yang dilakukan oleh oknum Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) Kota Tangerang”ujarnya.

Pungutan retribusi sampah sebesar itu tentunya sangat memberatkan,karena pihak DKP hanya mengangkut dari tempat pembuangan sampah(TPS) yg telah disediakan oleh warga dan tidak mengelola langsung dari rumah warga.

Dari jumlah besaran pungutan tersebut, bila dikalikan dengan jumlah sebanyak 22 Rw se Kelurahan Gebang Raya,  maka jumlahnya cukup besar mencapai lebih dari Rp.24 juta perbulannya.

Sementara itu pihak DKP yang ditemui wartawan selasa (3/1), Kikit Agustina Ayuningtias mengatakan, pungutan tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Daerah(Perda) nomor 1 thn 2011 tentang retribusi.

“Saya ini Pegawai Negeri jadi menandatangani dan menyetempel itu bagian tugas saya dan semua yang saya lakukan sudah sesuai dengan Peraturan ,”katanya.

Tetapi yang menjadi persoalan,besaran retribusi menurut Perda tersebut telah diatur soal besaran retribusi untuk katagori klasifikasi rumah type 45 ke bawah besaran pungutan retribusi Rp.2000,- /kepala keluarga dan itupun dipungut dan diangkut oleh petugas DKP jadi dikelola langsung oleh DKP.Sedangkan selama ini pihak DKP hanya menjemput sampah dari tempat pembuangan akhir sampah warga.

“Pemungutan sampah dari rumah ke rumah dilakukan warga sendiri dengan memberi honor dua orang petugas sesuai upah minimum daerah, yakni Rp 3 juta perorang”pungkasnya.

Seharusnya pihak DKP mengelola langsung dengan menugaskan petugas kebersihan DKP ke rumah warga setiap hari memungut sampah sampai ke tempat pembuangan sampah akhir sehingga tidak timbul pungutan uang retribusi yang memberatkan warga.(Zher)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.