Resep Ikan Gurame Goreng Kering Bumbu Ketumbar

Resep Ikan Gurame Goreng Kering Bumbu Ketumbar

KORANTANGERANG.com – Ikan memang merupakan salah satu makanan yang tak hanya enak tetapi juga kaya nutrisi dan begitu menyehatkan. Saat mengolah ikan khususnya ikan air tawar, umumnya kita akan memasaknya dengan cara menggorengnya. Menggoreng ikan tersebut bisa dengan menggoreng dengan bumbu sederhana ketumbar atau bumbu yang lebih sedap yakni memanfaatkan tepung. Kalau ngomongin soal ikan goreng, kali ini kita memiliki resep ikan gurame goreng kering bumbu ketumbar yang sangat enak. Seperti apa resepnya? Simak baik-baik resepnya di bawah ini.

Bahan

  • 3 ekor ikan (belah perut, buang isinya dan bersihkan sisiknya, cuci bersih)
  • 1 buah jeruk nipis (peras airnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu

  • 1 sdt garam
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt ketumbar (haluskan)
  • 3 cm kunyit (haluskan)

Cara Membuat

  1. Cuci ikan hingga bersih lalu lumuri tubuhnya dengan air jeruk nipis. Diamkan kira-kira selama 10 menit agar bau amis pada ikan berkurang.
  2. Siapkan bumbu halus lalu lumurkan ke tubuh ikan secara merata. Diamkan kira-kira selama 20 menit agar bumbu meresap dengan baik.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang.
  4. Goreng ikan gurame hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan. Usahakan jangan membalik ikan jika bagian bawahnya belum kering agar ia tidak hancur.
  5. Segera angkat ikan gurame yang telah digoreng kering dan sajikan selagi masih hangat serta renyah.

Ladies, itulah resep membuat ikan gurame goreng kering bumbu ketumbar yang begitu sederhana namun enaknya juara. Ikan goreng ini akan semakin nikmat jika ia disajikan bersama cah kangkung, nasi putih hangat dan sambal tomat super pedas. Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah suka. @DF

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.