Rano karno : Peduli Lingkungan, Peduli Pembangunan Banten

Rano karno : Peduli Lingkungan, Peduli Pembangunan Banten

korantangerang.com- Gubernur Banten Rano Karno bersilaturahmi ke Kabupaten Tangerang dalam rangka pengukuhan pengurus sekolah adiwiyata serta pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi di SMAN 6 Kabupaten Tangerang (20/09).

Dalam sambutannya Rano Karno memaparkan, tujuan program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang sehat, aman dan nyaman. “Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh warga sekolah dapat mengelola lingkungan hidup dengan baik dan benar,”ujarnya

Rano melanjutkan, pihaknya menganjurkan kepada seluruh sekolah yang ada di wilayah Banten agar mengikuti program Adiwiyata. “Kepada SKPD terkait seperti blhd, dinas pendidikan dan kemenag agar memberikan bimbingan kepada sekolah dalam mengelola program adiwiyata serta Bantu mereka dengan perlengkapan pengelolaan lingkungan maupun peningkatan kapasitas SDM sekolah,” ucapnya dihadapan puluhan perwakilan sekolah peraih Adiwiyata Mandiri dan Nasional se-Banten.

Lebih lanjut Rano mengapresiasi sekolah-sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, Provinsi Banten dan Mandiri yang telah turut serta membawa nama baik daerah ke tingkat nasional.

Menurutnya upaya mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan yang baik dan benar, serta terus menerus akan menjadikan keberlanjutan lingkungan dalam menopang pembangunan di Banten.

Pada kesempatan ini Gubernur Banten juga memberikan beasiswa untuk siswa kurang mampu berprestasi tingkat SMK dan SMA se-Banten dengan total Rp11 milyar untuk 11.000 siswa.

Sementara itu,  Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Provinsi Banten Husni Hasan  mengatakan, program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mewujudkan warga sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang sehat. Program ini diimplementasikan dengan mengeluarkan kebijakan sekolah dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Pada tahun ini, lanjut Husni, sekolah yang masuk kriteria sekolah Adiwiyata Provinsi Banten berjumlah 32 sekolah, Adiwiyata Nasional 24 sekolah dan Adiwiyata Mandiri sebanyak 6 sekolah serta sekolah hijau berjumlah 33 sekolah.

“Melalui silaturahmi dengan bapak gubernur ini, kita dapat menjalin hubungan emosional dan saling memberikan informasi dan pemikiran dalam mengembangkan program Adiwiyata antara sekolah Adiwiyata di kabupaten dan kota se-Banten,” jelas Husni.

Lebih jauh Husni menjelaskan, di sekolah Adiwiyata dilaksanakan kurikulum melalui pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dalam mata pelajaran, ada juga kemitraan dengan pihak lain dalam berbagai kegiatan.(Rizki)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.