Rajin Makan Tomat Berkhasiat Menurunkan Tekanan Darah Lho

Rajin Makan Tomat Berkhasiat Menurunkan Tekanan Darah Lho

KORANTANGERANG.com – Tomat merupakan buah yang sangat diminati untuk membuat jus. Selain memiliki rasa yang segar, diam-diam tomat ternyata dapat mencegah penyakit seperti kanker prostat dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Universitas Ben Gurion di Israel melakukan penelitian selama 16 minggu kepada 31 relawan yang terindikasi mengidap hipertensi ringan dengan memeberikan suplemen dari ekstrak tomat. Ternyata menurut peneliti, terjadi penurunan tekanan darah kepada relawan yang cukup signifikan.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah suplemen dari ekstrak tomat ini bisa memiliki jangka yang lebih panjang untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Ternyata suplemen dari tomat ini tidak memiliki efek samping.

Para peneliti menunjukkan, antioksidan yang terkandung di dalam tomat termasuk likopen, beta karoten, dan vitamin E bermanfaat menurunkan tekanan darah. Sedangkan, kadungan kalium di tomat jiha mempengaruhi penurunan tekanan darah.

Menurut presiden American Society of Hypertension, Thomas D Giles, antioksidan yang terkandung di dalam tomat membantu dinding pembuluh darah lancar.

Kini, supleman yang diberi nama Lyc-O-Mato sudah tersedia di toko makanan kesehatan. Namun, setengah porsi saus tomat mengandung dosis antioksidan atau makanan rendah sodium yang juga dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Giles mengusulkan memilih produk rendah sodium atau saus tomat yang segar untuk mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi. @DF

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.