Raih Beasiswa, Pelajar Papua Merantau Sekolah di Jawa

korantangerang.com – Para pelajar Provinsi Papua serta Papua Barat berburu beasiswa sekolah melalui program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem). Kini, 600 pelajar yang lulus seleksi akan melanjutkan studi di berbagai SMA dan SMK di Pulau Jawa.

Penyelenggara Adem Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Suwandi di Biak, Selasa (12/7/2016), mengatakan, program itu untuk mempercepat pembangunan sumber daya manusia, khususnya di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Ratusan siswa asli Papua akan disebar mengikuti pendidikan ke berbagai sekolah menengah atas di Provinsi Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur, ” ungkap Suwandi.

Ia mengatakan, sebelum menempuh program Adem, ratusan siswa di berbagai klaster akan mengikuti pembekalan dari panitia penyelenggara afirmasi. Dengan pembekalan prakeberangkatan, menurut Suwandi, diharapkan peserta Adem memperoleh berbagai pengetahuan dari para naarsumber menyangkut wawasan kebangsaan, testimoni dari alumni program afirmasi pendidikan tinggi serta kepramukaan.

Mengenai pelepasan peserta program Adem secara nasional, menurut Suwandi, akan dilakukan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di Jakarta pada 17 Juli 2016.

“Program Adem menjadi kebijakan pemerintah pusat untuk mempercepat pendidikan sumber daya manusia khusus bagi orang asli Papua,” ungkapnya.

Berdasarkan data, peserta afirmasi Adem klaster Biak sebanyak 88 siswa. Mereka berasal dari Kabupaten Biak Numfor (12 siswa), Kabupaten Supiori (13 siswa), Nabire (12 siswa), Paniai (13 siswa), Intan Jaya (13 siswa), Kabupaten Yapen (13 siswa) serta Kabupaten Waropen (12 siswa). @DF