Produsen iPhone Foxconn Ganti Pekerja Manusia dengan Robot

Produsen iPhone Foxconn Ganti Pekerja Manusia dengan Robot

KORANTANGERANG.com – Saat ini pekerjaan manusia di bidang manufaktur kerap diambil alih oleh robot. Alasannya untuk mengotomatiskan sistem pabrik dan membuat jalur produksi lebih cepat serta hemat. Hal ini rupanya juga diberlakukan oleh Foxconn. Produsen teknologi asal China yang telah lama membuat iPhone untuk Apple ini disebut bakal mengganti semua pekerja manusia dengan robot. Manajer Automation Technology Development Committee Foxconn, Dai Jia-Peng, mengatakan kepada Digitimes bahwa pihaknya sedang merencanakan tiga tahap untuk mengganti pekerjanya dengan robot.

Sebagaimana dilaporkan Ubergizmo, Senin (2/1/2017), tahap pertama yakni mengganti pekerja manusia dengan robot di individu workstations. Robot ini akan melakukan tugas-tugas yang dianggap terlalu bahaya bagi manusia atau hanya pekerjaan yang manusia sama sekali tidak ingin melakukannya.

Sementara tahap kedua akan melihat robot ditingkatkan untuk mengambil alih seluruh lini produksi. Lalu pada tahap ketiga akan melibatkan para pekerja manusia di lantai pengawasan, pemeriksaan, dan pengujian.

Dai menyebutkan, pabrik Foxconn di Chengdu, Shenzhen, dan Zhengzhou telah mencapai tahap kedua dan ketiga. Sejauh ini Foxconn telah mengerahkan 40 ribu pekerja robot dan mampu membangun 10 ribu robot setiap tahunnya. @DF

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.