Plt. Gubernur Hadiri Musrenbangnas dan Penyusunan RKPD 2016

Plt. Gubernur Hadiri Musrenbangnas dan Penyusunan RKPD 2016
Posted by:

31Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyatakan agenda utama pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2016 adalah percepatan pembangunan infrastruktur untuk menjadi pilar dalam pembangunan yang berkualitas.

“Dengan berlandaskan tujuh visi pembangunan dan sembilan tujuan pembangunan dalam konsep Nawa Cita. Maka RKPD 2016 adalah mempercepat pembangunan infrastruktur untuk meletakkan pondasi pembangunan berkualitas,” kata Andrinof saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam penyusunan RKPD 2016 di Jakarta, Rabu (29/04). Turut hadir dalam Musrenbangnas tersebut Presiden Joko Widodo, jajaran Menteri Kabinet Kerja, Kepala Daerah seluruh Indonesia termasuk Plt Gubernur Banten Rano Karno.

Pembangunan infrastruktur, menurut Andrinof, menjadi penopang penting untuk mencapai program-program unggulan Pemerintah dalam mencapai pembangunan yang berkualitas. Dia menjelaskan program unggulan Pemerintah disusun berdasarkan tiga dimensi pembangunan yakni Dimensi Pembangunan Manusia dan Masyarakat, Pembangunan Sektor Prioritas, dan Pembangunan Antar Kewilayahan untuk mengurangi ketimpangan ekonomi.

“Di dimensi kedua yakni pembangunan sektor unggulan mencakup sektor kedaulatan pangan, energi, maritim, parawisata, industri,” jelasnya.

Mengenai percepatan infrastruktur, Andrinof dalam penutupan Pra-Musrenbangnas, anggaran Pemerintah untuk infrastruktur akan naik dua kali lipat dari anggaran pada 2015 sebesar Rp.290,3 triliun.

“Programnya meningkat dua kali lipat, (anggaran) kurang lebih meningkat dua kali liput juga,” katanya.

Andrinof menjelaskan hasil dari pembahasan RKPD 2016 dan Musrenbangnas akan dibawa pada rapat tiga pihak (trilateral meeting) antara Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Kementerian/Lembaga lainnya.

Anggaran Pemerintah untuk pembangunan infrastruktur, menurutnya, masih menjadi prioritas. Hal itu, karena infrastruktur teramat penting untuk mencapai program-program unggulan Pemerintah.

Plt Gubernur Banten Rano Karno usai menghadiri Musrenbangnas menyatakan mendukung penuh agenda utama Pemerintah Pusat dalam percepatan pembangunan infrastruktur untuk menjadi pilar dalam pembangunan yang berkualitas.

“Setiap Provinsi dan Kabupaten/Kota pasti memberikan usulan, termasuk Banten. Memang pada Musrenbang nanti dibagi dalam beberapa kelompok, seperti pariwisata, pemberdayaan termasuk rekondisi mental. Usulan inilah yang akan dibahas Pemerintah Pusat, mana saja yang prioritas, yang pasti infrastruktur yang akan jauh lebih menjadi priorotas,” kata Rano. (Adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.