Petugas Dapati Wanita Mengemis dengan Bayi

Petugas Dapati Wanita Mengemis dengan Bayi

Melalui laporan warga di media sosial, petugas mendapati seorang wanita sedang mengemis dengan menggendong bayi di kawasan Pasar Balimester, Jatinegara, Jakarta Timur.

Petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Timur melakukan penjangkauan di pasar tersebut setelah menerima laporan video warga yang merekam wanita itu sedang mengemis.

“Melalui laporan warga petugas telah menyelamatkan seorang ibu pengemis bernama Ibu Sumiati usia 25 tahun asal Bekasi yang membawa serta anak yang bernama Agam usia 3 tahun mengemis di daerah pasar Balimester,” ujar Benny Martha, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Rabu (4/1).

Benny mengatakan, anak yang dibawa oleh pengemis itu terlihat lemas saat digendong. Pihaknya akan melakukan asesmen terhadap wanita itu terkait modus mengemis dengan bayi.

Menurut Ibu Sumiati, ia mengemis di daerah itu tidak menentu, kadang seminggu sekali, kadang seminggu dua kali. Ia mendapatkan penghasilan 30 ribu sampai 50 ribu perhari.

Ibu itu awalnya bekerja sebagai pembantu cuci keliling dan terpaksa melakukan mengemis karena keadaan untuk membiayai kedua anaknya sekolah.

“Ia masih memiliki dua anak lagi di rumah. Katanya hasil mengemisnya untuk biaya sekolah. Sedangkan suaminya kerjanya serabutan, pulangnya hanya sebulan sekali,” terang Benny.

Ia menambahkan, memanfaatkan bayi untuk mengemis tidak dibenarkan. Pihaknya akan melakukan pembinaan dan pemahaman agar tidak mengemis di jalan apalagi memanfaatkan bayi.

Untuk itu, petugas akan membawa wanita itu ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya. Wanita itu akan mendapat pembinaan agar tidak kembali di jalanan untuk mengemis. @AANG

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.